Home Artikel Dilarang membubuh Laba-laba

Dilarang membubuh Laba-laba

540
0
The silhouette of a spider is visible in front of light of the setting sun in Dresden, Germany, on June 7, 2013 [AFP]

Jangan pernah membunuh seekor laba-laba yang dijumpai di rumah anda.

Mengapa? Karena laba-laba merupakan salah satu organisme penting dari alam serta ekosistem dalam ruangan – di samping hak hidupnya sebagai suatu makluk ciptaan.

Kebanyakan orang berpikir bahwa rumah mereka adalah tempat teraman dan bersih dari kontaminasi keadaan luar ruangan, tetapi sebenarnya ada begitu banyak laba-laba yang dapat ditemukan di dalam rumah, entah itu di langit-langit rumah ataupun di dalam ruangan bagian dalam antara langit-langit dan atap rumah. Beberapa spesies laba-laba sangat menikmati keadaan mereka sambil berusaha untuk berkoloni, sementara beberapa lain terjebak di sana. Laba-laba yang biasa dijumpai dalam rumah ini sebagian besar tidak berbahaya dan terkadang bukan menjadi parasit melainkan menjadi pembersih ruangan dari serangga.

Matt Bertone beserta rekan-rekannya dalam pengamatan secara visual yang dilakukan pada 50 rumah di Carolina Utara mengatakan bahwa setiap rumah yang dikunjingi merupakan rumah bagi laba-laba. Jenis laba-laba paling umum yang ditemui adalah laba-laba jaring dan laba-laba gudang.

Kedua jenis ini membuat jaring di tempat mereka tinggal sambil menuggu mangsanya terperangkap pada jaring yang dibuat. Laba-laba gudang terkadang meninggalkan jaring mereka untuk memburu laba-laba lain yang berada dalam wilayah jangkauan mereka.

Laba-laba jenis ini cenderung memakan apa saja yang tertangkap. Mereka secara teratur menangkap hama atau bahkan serangga yang dapat membawa penyakit seperti nyamuk. Pada beberapa kasus di Afrika, laba-laba memangsa nyamuk yang penuh dengan darah. Karena itu dengan tidak membunuh laba-laba, anda telah menjaga ekosistem dan sekaligus menjaga rumah anda dari gangguan penyebaran beberapa penyakit.

Adalah hal yang wajar jika kita takut pada laba-laba. Mereka memiliki banyak kaki dan hampir semuanya berbisa, meskipun kebanyakan dari spesies ini memiliki racun yang terlalu lemah untuk menimbulkan masalah pada manusia. Beberapa ahli entomologi sendiripun dapat menjadi mangsa dari laba-laba, namun mereka berusaha untuk selalu dekat dengan cara melakukan penelitian terhadap laba-laba.

Laba-laba cenderung untuk menghindari kontak dengan manusia, manusia justru lebih berbahya terhadap mereka daripada sebaliknya. Jika anda benar-benar tidak tahan dengan laba-laba yang berada di rumah anda, apartemen, garasi atau di manapun, tangkap dan lepaskan ke alam bebas dibanding memukul dan membunuhnya. Mereka akan dengan senang hati pergi dari rumah anda.

Matt Bertone, Extension Associate in Entomology, North Carolina State University