Home Renungan Harian Berjaga-jagalah

Berjaga-jagalah

448
0
Foto oleh nana2986.wordpress.com

Kamis, 30 Agustus 2018
Pekan Biasa XXI
¤ 1 Kor 1:1-9
¤ Mzm 145:2-3,4-5,6-7
¤ Mat 24:42-51
“Vigilarent”

– Berjaga-jagalah –
Inilah nasehat Yesus, agar kita mempersiapkan diri menyambut kedatangan Tuhan.
Mengacu pada bacaan Injil hari ini, Yesus menasehati: “Berjaga-jagalah, sebab kamu tidak tahu pada hari mana Tuhanmu datang.”
Adapun harapan Yesus dari nasehat ‘berjaga-jaga’ agar kita memiliki kualitas hidup dengan terus berupaya memiliki sikap, antara lain:

1. Setia dan bijaksana
Inilah sikap seorang hamba yang diharapkan Yesus. Setia dan bijaksana merupakan dua nilai yang harus ada bersama-sama, karena yang satu akan memperkaya yang lain. Dengan adanya nilai bijaksana, maka nilai setia tidak menjadi sebuah ketaatan buta. Sebaliknya, dengan adanya nilai setia, maka nilai bijaksana tidak hanya menjadi pencarian diri yang sia-sia dalam hidup, karena ada suatu keterarahan, yaitu kesetiaan pada Allah sendiri.
Di sinilah kita diajak untuk bersikap lebih
√ serius mempersiapkan diri
√ fokus pada kebenaran-Nya
√ tulus, apa adanya
Artinya, jika kita selalu hidup di dalam kebenaran-Nya, maka hidup kita akan selalu beroleh keselamatan-Nya

2. Menjaga dan menjamin kehidupan
Inilah tugas perutusan seorang hamba yang diharapkan Yesus untuk kita laksanakan dengan tekun, taat-setia dan bijaksana sebagai anggota Gereja, yakni memberi kehidupan dan menjaga kehidupan bagi anggota-anggotanya.
Di sinilah kita sebagai orang beriman diajak untuk menjaga dan menjamin kehidupan sesama, bukan sibuk dengan kehidupan kita sendiri.
Saudaraku, marilah kita masing-masing menyadari apa saja yang saat ini menjadi tugas-pekerjaan dan panggilan-perutusan kita sebagai imam, bapak/ibu, suami/istri, pegawai, guru/dosen, pelajar, dll. Kemudian, marilah mohon rahmat kepada Tuhan agar kita mampu untuk tekun-setia dalam melaksanakan setiap tugas-pekerjaan dan panggilan-perutusan kita. Bukan hanya tekun-setia tetapi juga bijaksana.
Salam Kasih dan Damai Sejahtera Kristus bersama Bunda Maria senantiasa menyertai kita sekeluarga yang berjuang untuk tetap setia dan bijak dalam tugas perutusan sebagai seorang hamba. Amin.

Rikard Pasang,SVD