Home Berita Antisipasi Pelanggaran Narkoba Kodim 1625 Ngada Gelar P4GN

Antisipasi Pelanggaran Narkoba Kodim 1625 Ngada Gelar P4GN

436
0
Letkol Inf. I Made Putra Suartawan.

Ngada News – Sehubungan dengan Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) Kodim 1625/Ngada menggelar Penyuluhan bertempat di Aula Makodim 1625 Ngada, Flores, Jalan Soekarno-Hatta, Kelurahan Ngedukelu Kecamatan Bajawa Kabupaten Ngada, (30/8/2018).

Kegiatan didahului dengan pelaksanaan tes urine seluruh anggota baik Prajurit maupun PNS di lingkungan kerja Kodim 1625/Ngada yang di ikuti oleh seluruh Danramil, Perwira Seksi, anggota, baik prajurit maupun PNS dan ibu-ibu Persit Kartika Candra Kirana Cab. XXIII jajaran Kodim 1625 Ngada, dengan catatan hasil tes ‘nihil.

Komandan Kodim (Dandim) 1625/Ngada Letkol Inf I Made Putra Suartawan
Pengarahan oleh Dandim 1625 Ngada, Letkol Inf I Made Putra Suartawan

Menurut Komandan Kodim (Dandim) 1625 Ngada, Letkol Inf. I Made Putra Suartawan kegiatan ini sebagai upaya untuk menghindari penyalahgunaan narkoba, di satuan Kodim 1625/Ngada.

“Sosialisasi P4GN sebagai program satuan yang harus dijalankan secara berkesinambungan, dengan tujuan untuk meminimalisir pelanggaran, lebih-lebih pelanggaran yang berkaitan dengan narkoba, yang merupakan katagori pelanggaran berat”, ungkap Komandan Kodim (Dandim) 1625 Ngada, Flores, Letkol Inf. I Made Putra Suartawan.

Kodim 1625 Ngada gelar 'Tes Urine'
Kodim 1625 Ngada gelar ‘Tes Urine’

Semantara itu dalam kesempatan yang sama Konsultan kesehatan Yayasan Kesehatan kanker Indonesia Sdri. Eva Mawarni S.Kep., NS dan Sdri. Aeswani Lende Amd, Kep, dalam penjelasannya menegaskan dalam dunia kedokteran Psikotropika digunakan untuk membantu pengobatan.

“Pesikotropika sendiri merupakan zat adiktif yang mempunyai pengaruh terhadap susunan saraf pusat. Narkoba bekerja mempengaruhi saraf manusia dan apabila digunakan secara sering atau berlebihan, akan menimbulkan ketergantungan pada manusia dan akan sering berhalusinasi yang berlebihan dan sulit untuk tidur,” tandas Eva Mawarni, S. Kep.,NS.

Diharapkan Kodim 1625 Ngada dapat membantu program P4GN serta dapat tercipta lingkungan kerja yang bersih dari penyalahgunaan narkoba, mengingat tingginya peredaran gelap narkoba di Indonesia yang mengharuskan seluruh pihak baik TNI, instansi pemerintah maupun instansi swasta bersinergi dalam melakukan Pencegahan, Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) di wilayah masing-masing.(red/)