Home Berita Panwas Agendakan Putusan Gugatan PKPI Ngada Keluar Awal Agustus

Panwas Agendakan Putusan Gugatan PKPI Ngada Keluar Awal Agustus

356
0

Ngada – Hasil keputusan mediasi PKPI dan KPUD Kabupaten Ngada secara resmi akan diumumkan pada tanggal 3 Agustus 2018. Demikian penegasan Ketua Panwas Kabupaten Ngada, Bastian Fernandez kepada media di Kota Bajawa Flores (28/7/2018).

“Hari ini tanggal 28 Juli sudah berlangsung penerimaan kesimpulan dari para pihak yang diserahkan kepada Sekeretaris Majelis. Selanjutnya Sidang Adjudikasi Penyelesaian Sengketa Proses Pemilu dengan Pembacaan Putusan dijadwalkan pada tanggal 3 Agustus 2018”, ungkap Ketua Panwaskab Ngada, Bastian Fernandez.

Dikabarkan sebelumnya, mantan Ketua PKPI Ngada beri keterangan pada persidangan Adjudikasi. Nota kesimpulan PKPI Ngada desak ralat keputusan pencoretan. Rangkuman media, KPUD Ngada kembali menegaskan jika patokan adalah SK Perubahan melalui Website KPU RI, maka KPUD Ngada juga menegaskan sejumlah fakta krusial, diantaranya SK Perubahan baru terdeteksi pada tanggal 19 Juli 2018 atau dua hari pasca penutupan pendaftaran Parpol peserta Pemilu.

Selainitu KPUD Ngada dihadapkan kembali dengan terjadinya ketidaksesuaian antara nomor SK yang ada dalam website KPU RI berbeda hard maupun soft coppy SK yang dimasukan oleh PKPI Ngada kepada pihak KPUD. Komsioner Daerah mengacu pada regulasi dan tata acara verifikasi yuridis berlaku. Sebaliknya, PKPI menaikan bukti-bukti yang menerangkan PKPI Nasional sudah memasukan SK Perubahan pada tanggal 17 Juli 2018. Terkait tidak terdeteksi pada website KPU RI, PKPI menilai hal tersebut bukan merupakan domain Partai Politik tetapi domainnya KPU RI bersama jajaran Komisioner hingga tingkat daerah. (red/)