Home Berita Nota Kesimpulan PKPI Ngada Desak Ralat Keputusan Pencoretan

Nota Kesimpulan PKPI Ngada Desak Ralat Keputusan Pencoretan

298
0

Ngada – Setelah melalui berbagai tahaban mediasi usai keputusan pencoretan PKPI Ngada dinyatakan tidak mengikuti Pemilihan Umum di wilayah Ngada Flores, secara resmi PKPI mengeluarkan kesimpulan release terbuka mereka dengan tembusan redaksi media.

Diterima redaksi media ini (28/7/2018) PKPI Kabupaten kepemimpinan Frederikus Sedu Wea secara tertulis menyatakan sejumlah catatan diantaranya, Pemohon telah menyerahkan bukti tambahan pada tanggal 26 Juli 2018 berupa Tanda Terima telah diterimanya Surat Keputusan Kepengurusan Parpol peserta Pemilu Tahun 2019 oleh PKPI Indonesia pada Hari Selasa tanggal 17 Juli 2018 Pukul 23.55 WIB secara kolektif bersama 16 Kabupaten/ Kota di Indonesia oleh Sdr. Rully Soekarta selaku Wakil Ketua Umum PKPI kepada KPU RI.

Selanjutnya, PKPI Ngada juga menyatakan bahwa termohon telah memasukan bukti tentang pembukaan Lining tanggal 18 Juli 2018 tepat jam 6.00 sore, diikuti transfer file, waktu, tanggal yang terbaca pada web KPUD Ngada. Penegasan PKPI Ngada juga disertai bukti termohon menyampaikan bukti tentang kepengurusan PKPI Kabupaten Ngada atas nama Arnoldus Keli Nani. Penyampaian ini diikuti bukti termohon menyampaikan bukti kepengurusan PKPI Ngada yang termuat dalam website KPU RI atas nama Frederikus Sedu Wea.

Dilansir PKPI Ngada menyatakan bahwa Keputusan PKPI NTT serta PKPI Nasional Nomor 012.a/KEP/DPP PKP IND NTT/VII/2018 telah berubah menjadi Keputusan PKPI Provinsi (DPP PKP Indonesia) NTT Nomor 121.a/KEP/DPP PKP IND NTT/VII/2018. Selanjutnya dijelaskan, bahwa perubahan keputusan didasari oleh adanya pergantian susunan personalia PKPI Ngada masa bhakti 2018-2021.

Menurut PKPI Ngada, pergantian susunan personalia adalah pergantian Sekretaris PKPI Ngada dari Matheus Nong Sima kepada Paulus Yohanes Lendes atas alasan internal PKPI Ngada. Disebutkan, pergantian dilakukan pada saat setelah semua berkas pengajuan syarat calon Anggota DPRD Ngada dari PKPI diterima oleh KPUD Ngada dan sebelum pemasukan Surat Keputusan kepengurusan Partai Politik peserta Pemilu dari PKPI pusat diterima KPU RI dalam rangka dimasukan dalam website KPU RI.

Ditegaskan, urusan pemasukan dokumen kepengurusan ke dalam website KPU merupakan tanggungjawab atau domain KPU pusat, bukan merupakan kewenangan Partai Politik. Olehkarenya keterlambatan menampilkan struktur PKPI Ngada muncul dalam website KPU merupakan tanggunjawab KPU RI. Selanjutnya terkait keterangan saksi bahwa pemasukan surat kepengurusan PKPI Ngada dilakukan pada tanggal 18 Juli 2018 Pkl 18.00 sore sesuai bukti yang diberikan termohon, PKPI menilai menelanjangi KPU RI sebagai induk, dimana dokumen surat kepengurusan PKPI yang sudah diserahkan oleh Wakil Ketua Umum PKPI Nasional pada tanggal 17 Juli 2018 Pkl 23.55 WIB yang termuat dalam Bukti Tanda Terima, baru diupload oleh KPU RI pada tanggal 18 Juli 2018 Pkl 18.00 WIB.

PKPI menyatakan ditemukan tidak adanya keterangan bukti dari termohon yang membuktikan adanya koordinasi antara KPUD dengan KPU RI bahwa Surat Keputusan Pengurus PKPI Ngada telah diterima KPU RI. Selanjutnya ditambahkan dengan adanya keterangan dari mantan Ketua PKPI Ngada, Arnoldus Keli Nani yang menyatakan dengan adanya Surat Keputusan Kepengurusan yang baru atas nama Ferdinandus Sedu Wea maka kepengurusan sebelumnya secara sah dinyatakan tidak berlaku maka dengan ini menerangkan legalitas kepengurusan PKPI Ngada yang baru bersifat sah dan legal secara de jure dan de facto.

Terhadap segala material perkara yang digelar PKPI, secara tegas PKPI Ngada dalam instruksi PKPI Nasional menyerukan penegasan menolak jawaban termohon dan sebaliknya mendesak mengabulkan pemohon dan merekomendasikan PKPI Kabupaten Ngada mengikuti pesta demokrasi bangsa melalui Pemilu Legislative Tahun 2019.

Penegasan PKPI ini diterima resmi redaksi tanggal 28 Juli 2018. Pantauan media di Ngada, proses mediasi masih berjalan dengan mengikuti agenda terjadwal dari Panwaslu Kabupaten Ngada kepemimpinan Bastian Fernandez. (red/)