Home Serba-serbi Kejaksaan Bajawa Pastikan Penanganan Kasus OTT Dukcapil Ngada

Kejaksaan Bajawa Pastikan Penanganan Kasus OTT Dukcapil Ngada

515
0

Ngada – Perkara Dugaan Tindakan Pungutan Liar yang terjadi di Kabupaten Ngada hingga berujung Kepala Dinas Kabupaten Ngada bersama Bendahara Dinas Dukcapil Ngada ditetapkan dengan status Tersangka oleh Polres Ngada, menimbulkan pertanyaan publik  tentang pengentasan perkara heboh yang satu ini. Betapa tidak, terhitung sejak Bulan Mei 2018 hingga Akhir Bulan Juli 2018, perkara ini belum naik ke meja persidangan Pengadilan Negeri Bajawa Kabupaten Ngada, Flores.

 

Pada April 2018 Dihimpun awak media di Kabupaten Ngada, Tim Saber Pungli Polres Ngada membekuk satu orang Wanitia berinisial AGE yang bekerja di Disdukcapil kabupaten itu, Rabu (18/04/2018), sekitar pukul 16.00 Wita. Dalam proses penanganan perkara terhadap penggerebekan tersebut, AGE resmi ditetapkan sebagai Tersangka, menyusul Kepala Dinas Dukcapil Ngada dipanggil periksa dan juga statusnya ditingkatkan dari Saksi menjadi Tersangka. Kedua Tersangka diduga kuat berdasarkan alat bukti dan saksi-saksi dinyatakan melawan azas hukum menggunakan gaji para honorer pada Dinas Dukcapil Kabupaten Ngada untuk pemakaian diluar dari ketentuan atau berbuat melawan hukum.

 

Konfirmasi awak media di Kota Bajawa Kabupaten Ngada (27/7/2018), salah satu Penyidik Polres Ngada kepada wartawan menginformasikan perkara OTT Dukcapil Ngada sudah masuk P-19 dan sudah dua kali mendapat petunjuk dari Kejaksaan Negeri Bajawa untuk dilengkapi. Sementara Kejaksaan Negeri Bajawa melalui Kasi Pidsus, Edi Sulistio Utomo, SH kepada wartawan (27/7/2018) menerangkan, pihak Kejaksaan Negeri Bajawa sangat serius menangani perkara OTT dugaan Pungutan Liar Dinas Dukcapil Ngada. Penanganan kasus ini, tandas Kasi Pidsus, Edi Sulistio Utomo, SH, terus berjalan, selanjutnya Kejaksaan Negeri Bajawa memberikan petunjuk tambahan kepada Penyidik Polres Ngada untuk segera dipenuhi guna dirampung demi dinaikan ke P-21 menuju persidangan.

 

“Terkait perkara OTT Dukcapil Ngada, saya bisa pastikan kami dari Kejaksaan Negeri Bajawa memandang persoalan tersebut dengan sangat profesional untuk pengentasan, sebab selain publik terus mengikuti grafik dan progres penanangannya, azas kepastian hukum atas sebuah perkara adalah konsentrasi kami. Sikap kami dalam penanganan perkara tersebut bersikap profesional dan menuju penuntasan. Saat ini Jaksa Peneliti atas berkas OTT Dukcapil Ngada sudah memberikan petunjuk-petunjuk kepada pihak Penyidik di tingkat Kepolisian guna segera dipenuhi agar bisa segera kami rampung untuk disidangkan”, Kasi Pidsus, Edi Sulistio Utomo, SH.

 

Menangganggapi keraguan dan dugaan perkara ini berpotensi peties di meja hukum, Kejaksaan Negeri Bajawa melalui Kasi Pidsus, Edi Sulistio Utomo, SH menambahkan Kejaksaan  Negeri Bajawa menangani perkara hukum dengan prinsip penegakan profesional terhadap siapapun tanpa tebang pilih. Kejaksaaan dalam hal ini sedang menunggu pemenuhan petunjuk yang sudah diberikan Jaksa Peneliti – Kejaksaan Negeri Bajawa guna penuntasan penanganan melalui gelar persidangan di Pengadilan. (red/)