Home Berita Pemkab Flotim Sambut KM Sabuk Nusantara 50

Pemkab Flotim Sambut KM Sabuk Nusantara 50

523
0
Gubernur NTT Frans lebu Raya bersama Wakil Bupati Flotim Valentinus Tukan meninjau KM Sabuk Nusantara saat berlabu di Pelabuan Larantuka (Sabtu, 21/03/ 2015)

Dukungan terhadap dunia transportasi Laut di Kabupaten Flores Timur kembali bertambah dengan kehadiran kapal motor penumpang, KMP Sabuk Nusantara 50. Kapal bantuan dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI mulai beroperasi sejak Sabtu 21/03/ 2015. Kehadiran kapal tersebut disambut Wakil Bupati Flores Timur, Valentinus Tukan dan Gubernur NTT Frans Lebu Raya di pelabuhan Laut Larantuka.

KM Sabuk Nusantara 50 saat berlabu di Pelabuan Larantuka (Sabtu, 21/03/ 2015)
KM Sabuk Nusantara 50 saat berlabu di Pelabuan Larantuka (Sabtu, 21/03/ 2015)

Kepala Kantor unit penyelenggaraan pelabuan Larantuka, Parimin menjelaskan, kapal Sabuk Nusantara 50 yang pengoperasiannya diserahkan kepada perusahan pelayaran Citra Baru Adi Nusantara dari Surabaya diperuntukan masyarakat ekonomi menengah dan bawah. Dalam sambutannya Parimin mengatakan Kapal perintis KM Sabuk Nusantara 50 siap melayani rute Makasar ? Bantaeng- Selayar ? Jinato ? Kayuadi ? Jampea ? Bonareta ? Kalatoa/Latoda ? Maumere ? Larantuka/Waiwerang.

?Kapal tersebut berjenis perintis dioperasikan untuk melayani daerah-daerah terpencil dan tertinggal di kawasan Indonesia timur Indonesia. KM sabuk Nusantra 50 berkapasitas 1300 Gros Ton (GT). Kapal tersebut memiliki tiga kelas yakni kelas ekonomi, kelas II dan kelas I. Kapasitas penumpang yang dimuat sebanyak 400 penumpang dan mampu menampung muatan hingga 50 ton. ? jelas Parmin

Sementara Gubernur NTT Frans Lebu Raya dalam sambutannya mengaharapkan masyarakat Flores timur untuk memanfaatkan jasa transportasi laut dengan baik. ? dengan kehadiran kapal ini masyarakat Flores Timur bisa membangun hubungan dan kerjasama antara daerah. Jagalah kebersihan kapal ini disaat kapal ini sedang tambat labu di pelabuan Larantuka? Himbau Frans

kepada Nakoda dan ABK kapal, Gubernur Frans mengharapkan agar dapat memberikan pelayanan yang baik terhadap para penumpang. ?terkadang suasana yang diciptakan para penumpang di dalam pelayaran tidak bersahabat namun memang seperti itu keadaanya. Yang terutama adalah keselamatan selainnya factor kenyamanan yang mesti diperhatikan oleh kapal ini? Tegas Gubernur Frans.

Lebih lanjut Gubernur Frans mengaharapakan agar para ABK Kapal tetap menjaga kebersihan kapal dan memberikan pelayanan terbaik untuk para penumpang. Selain itu Gubernur Frans juga menghimbau kepada masyarakat yang menggunakan kapal sebagai sarana pelayaran agar menjaga kebersihan kapal, sehingga perjalanan menjadi nyaman.

Diakhir acara Gubernur NTT bersama wakil Bupati Flores Timur beserta rombongan melakukan peninjauan kapal yang didamping Nakoda KM sabuk Nusantra 50, Kapten Pius Rasi. ? saya mewakili seluruh kru KM Sabuk Nusantara 50 mengucapkan terima kasih atas penyambutan pemerintah daerah ini. Semoga acara ini menjadi awal kerjasama kita dalam membangun pelayanan armada kami di Flores Timur? Harap kapten Pius (din/ina)