Home Berita KPDT-RI Bantu Kapal Ikan Untuk Orang Muda Lewolere

KPDT-RI Bantu Kapal Ikan Untuk Orang Muda Lewolere

340
0
Bupati Flotim, Yoseph Lagadoni Herin, S.Sos dan Wakil Bupati Flotim Valentinus Tukan, S.AP bersama tim KPDT-RI dan Kelompok OPEL melakukan uji coba kapal pole and line di Selat Larantuka (27/02/2013)
Deputi III bidang Pembinaan Ekonomi dan Dunia Usaha dari Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal (KPDT), Johozua Max Yoltuwu menyerahkan Kapal Pole and Line secara simbolis kepada Bupati Flotim Yoseph Lagadoni Herin, S.Sos di Gedung Ina Mandiri Larantuka (27/02/2013)
Deputi III bidang Pembinaan Ekonomi dan Dunia Usaha dari Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal (KPDT), Johozua Max Yoltuwu menyerahkan Kapal Pole and Line secara simbolis kepada Bupati Flotim Yoseph Lagadoni Herin, S.Sos di Gedung Ina Mandiri Larantuka (27/02/2013)

Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal (KPDT)? Republik Indonesia (RI)? menyerahkan kapal ikan nelayan jenis Pole and line berkapasitas 26 gross ton (GT) kepada kelompok Orang Muda Peduli Lewolere (opel) Kel. Lewolere, Kec. Larantuka. Bantuan kapal? ikan tersebut diberikan KPDT-RI kepada kelompok orang muda Lewolere untuk membantu peningkatan ekonomi serta memberikan lapangan kerja kepada kaum muda agar memiliki semangat menata masa depan yang lebih baik.

Kapal? ikan senilai Rp. 2,6 Miliar? tersebut diserahkan langsung Deputi III bidang Pembinaan Ekonomi dan Dunia Usaha dari Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal (KPDT), Johozua Max Yoltuwu yang diterima Bupati Flotim Yoseph Lagadoni Herin, S.Sos. Selanjutnya Bupati Flotim menyerahkan kapal tersebut kepada Ketua Kelompok Opel Yakobus Sinu Kleden di Gedung Ina Mandiri Larantuka. (Rabu, 27/02/2013).

Hadir dan menyaksikan langsung acara serah terima kapal tersebut, Wakil Bupati Flotim, Valentinus Tukan, S.AP, anggota komisi V DPR RI, Drs. Josef Nai Soi, ?Ketua DPRD Kab Flotim Drs. Marius Payong Pati dan sejumlah Pimpinan SKPD Kabupaten Flores Timur? dan sejumlah undangan lainnya.

Johozua Max Yoltuwu, dalam sambutanya menjelaskan bahwa bantuan kapal ikan yang diberikan? KPDT-RI? berupa sebuah kapal ikan tersebut, merupakan wujud kepedulian pemerintah pusat untuk memberikan suatu kemajuan dalam bidang pemberdayaan ekonomi khususnya masyarakat Flores Timur yang memiliki potensi alam lautnya yang sangat kaya.

?Kami melihat di Flores Timur terkandung banyak potensi. Salah satunya,? potensi kelautan yang sangat menjanjikan, karena Flores Timur kaya akan berbagai jenis ikan. Kami memberikan bantuan kapal senilai Rp. 2,6 miliar ini karena kami ingin anak-anak Flores Timur bisa maju sama dengan di daerah lain, ?jelas Johozua.

Lebih jauh? Johozua, menghimbau kepada masyarakat Flores Timur terutama kelompok penerima bantuan kapal tersebut agar dapat memanfaatkan bantuan tersebut sebaik-baiknya.? Diharapkan dengan bantuan tersebut kedepan ekonomi anggota dalam kelompok bisa berubah menjadi lebih baik,? dan kalau lebih bagus lagi bisa menghasilkan kapal baru dari usaha tersebut.

Dijelaskan juga bahwa kapal tersebut merupakan pengadaan Kementerian PDT RI dari program/kegiatan produk unggulan Kelautan penangkapan tuna/cakalang ? pole and line pada Tahun Anggaran 2012. Dari sejumlah pengadaan kapal di Tahun 2012,? Flores Timur beruntung mendapat 1 buah kapal. Hal ini terwujud tidak hanya permohonan proposal yang dibuat kelompok nelayan melalui Bapeda Kab. Flotim tetapi juga hubungan kerjasama yang harmonis antara Pemkab Flotim dengan KPDT-RI.

Sementara itu pada tempat yang sama, Bupati Flores Timur Yoseph? Lagadoni Herin,S.Sos dalam sambutanya, menyampaikan ucapan terima kasih kepada? KPDT-RI, yang sudah memberikan bantuan kapal ikan senilai Rp. 2,6 miliar untuk kelompok nelayan di Flores Timur teristimewa kelompok orang muda Lewolere.

Diharapkan dengan bantuan tersebut dapat menolong masyarakat Flores Timur, yang sampai saat ini perkembangan ekonominya masih jauh dari harapan. ?Saya atas nama Pemerintah Kabupaten Flores Timur, menyampaikan terima kasih kepada KPDT-RI yang sudah membantu masyarakat Flores Timur, kami juga berharap agar? bantuan serupa tidak hanya dalam bidang perikanan namun juga di bidang yang lain seperti pembangunan fisik jalan dan jembatan serta sejumlah pembangunan pemberdayaan ekonomi yang sangat dibutuhkan masyarakat Flores Timur.

Usai acara serah terima bantuan Kapal Ikan, Bupati Flotim Yosep Lagadoni Herin, S.Sos dan Wakil Bupati Flotim Valentinus Tukan, S.AP melakukan uji coba Kapal Pole and Line bersama rombongan Deputi III KPDT, anggota komisi V DPR- RI, Josef Nai Soi di selat Larantuka.? (Dino_Deat?s/humas setda flotim)