Home Berita Kopdit Adalah Mitra Pemerintah

Kopdit Adalah Mitra Pemerintah

311
0

Koperasi Perkereditan (Kopdit) adalah sebuah lembaga swasta yang merupakan mitra kerja pemerintah, oleh kerena itu antara pemerintah dan kopdit harus saling mendukung dan saling memperkuat. Dukungan pemerintah terhadap kopdit akan lebih difokuskan pada kebijakan dan penguatan kelembagaan.

Bupati Flores Timur Yosep Lagadoni Herin, S.Sos menjelaskan hal tersebut dalam sambutanya yang disampaikan Sekretaris Daerah Kabupaten Flores Timur, Anton Tonce Matutina, BA, SH pada acara pembukaan Rapat Anggota Tahunan (RAT) Kopdit CU Remaja Hokeng Tahun Buku 2012 di aula? Cu Remaja Hokeng Boru Sabtu (23/03/2013).

Hadir pada saat itu, Sekda Flotim Anton Tonce, BA, SH, Kadis Koperasi dan UKM Kab. Flotim Drs Fredrik S Billy, Ketua Puskopdit Swadaya Utama Maumere, Romanus Woga, Ketua Kopdit CU Remaja Hokeng Y. Luis Lamury, Penasehat CU Remaja Hokeng Pater Piet Nong, SVD serta para pengurus dan anggota Cu Remaja Hokeng.

? Hakekat dasar dari koperasi yakni dimiliki anggota dijalankan oleh anggota dan untuk anggota dan masyarakat sekitarnya. Esensinya dari koperasi itu sendiri adalah kerjasama, setia kawan, saling menolong dan mengawasi. Karena itu semangat koperasi harus tetap dijaga keutuhanya guna mendukung program pemerintah dalam menciptakan peningkatan kesejahteraan masyarakat terutama dalam bidang ekonomi,?jelas Bupati Yosni.

Lebih lanjut Bupati Yosni menjelaskan bahwa sebagai mitra kerja pemerintah di daerah kopdit juga harus Bisa mengakses keluarga miskin yang berada disekitarnya dengan cara memberikan pemahaman dan sosialisasi agar keluarga-keluarga tidak mampu bisa berubah hidupnya setara dengan kelompok masyarakat yang lain.

Sebagai lembaga pendidikan dan pembelajaran, kopdit harus mampu menyadarkan anggotanya bahwa miskin itu bukan merupakan sebuah takdir. Yang membuat hidup kita misikin karena kita belum mampu memembrikan gambaran atau manajemen ekonomi yang baik.

Kita harus punya keyakinan yang teguh dan mau berusaha keras membangun jati diri yang berlandaskan kemandirian dan harga diri menjadi salah satu tugas kopdit sebagai lembaga pengembangan pembeljaran dan pendidikan. Kepada para pengurus kopdit Bupati Yosni mengharapkan agar terus menata kelembagaan kopdit, membenahi manajemen dan meningkatkan pelayanan untuk para anggota.

Sementara itu Ketua Puskopdit Swadaya Utama Maumere Romanus Woga dalam sambutanya menjelaskan bahwa kemampuan kerjasama adalah hal yang penting dalam berkoperasi. Manusia mempunyai potensi untuk menghasilkan karya-karya besar. Di sisi lain manusia pun menjadi solusi sekaligus dapat menjadi aktor pada sebuah masalah yang besar. Maka kerjasama sangat mutlak diperlukan dengan berprinsip satu untuk semua dan semua untuk satu.

Menurut Woga? yang juga menjabat sebagai Wakil Direktur CU Asia tersebut, anggota jangan mempersalahkan pengurus karena sesungguhnya uang ada pada anggota. Masing-masing pihak harus melakukan koreksi terhadap diri sendiri. Apakah masing-masing pihak sudah mentaati aturan dan ketentuan yang berlaku atau belum.

Rat bukanlah menjadi ajang untuk mengadili pengurus. Justru Rat menjadi sarana untuk memantapkan kembali sistem manajemen kredit, tata kelola keuangan dan sumber daya Manusia. Kepuasan anggota justru terletak pada terbangunaya hubungan yang harmonis antara pengurus dan pengawas,? tegas Woga.

Lebih lanjut Woga menyampaikan apresiasi kepada Pemda Flotim yang selalu memperhatikan kopdit-kopdit yang ada di wilayah Kabupaten Flores Timur. RAT CU Remaja Hokeng kali ini merupakan pelakasanan RAT ke- 27 sejak didirikan pada tanggal 24 November 1985. Saat ini? keanggotaan CU Remaja Hokeng berjumlah 4663 orang yang tersebar di wilayah Flores Timur dan Sikka. (Dino_Deat?s /humas setda flotim)