Home Berita Pasar : Tempat Interaksi

Pasar : Tempat Interaksi

368
0

Selain pasar berfungsi untuk pengembangan ekonomi di sebuah wilayah, pasar juga berfungsi untuk membangun kebersamaan, membangun kohesi sosial, di antara anggota masyarakat. Karena di pasar terjadi interaksi antara seseorang dengan orang lain, antara sekelompok orang dengan kelompok yang lain.

Masyarakat Desa Kenotan, Adonara Barat menanti kedatangan rombongan Gubernur NTT, Drs Frans Lebu Raya pada acara pengersmian pasar tradisional Watohone
Masyarakat Desa Kenotan, Adonara Tengah menanti kedatangan rombongan Gubernur NTT, Drs Frans Lebu Raya pada acara pengersmian pasar tradisional Watohone

Hal itu dikatakan Gubernur NTT Drs. Frans Lebu Raya pada pengresmian pasar Watohone Desa Kenotan Kec. Adonara Tengah (14/02/2013). Menurut Gubernur Frans pasar semestinya mendorong pertumbuhan ekonomi di suatu wilayah. Di mana-mana pasar selalu dinilai ?kotor. Pada hal di pasar di jual barang kebutuhan pokok masyarakat. Namun pasar di tengah desa harus bisa dijaga kebersihanya.

Kepada pengguna pasar Gubernur Frans mengingatkan agar para pengguna pasar harus mempunyai tanggungjawab dalam menjaga ?kebersihan pasar dan memamatuhui ketentuan-ketentuan yang nanti ditetapkan.

?Hendaknya pasar menjadi tempat transaksi yang baik, jangan membawa barang-barang haram ke tempat ini untuk diperjualbelikan. Karena itu sama saja merusak generasi muda kita? tegas Gubernur Frans

Pasar Watohone merupakan salah satu pasar tradisional dari 3 pasar tradisional yang dibangun pada tahun anggaran 2012 yang bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) sebesar ?Rp. 2.144.900.000,00. Pembanguna pasar Wotohone terdiri dari 1 buah los pasar 24,50 M x 7,50 M, 1 buah MCK 4? Mx 3 M dan rehap atap los pasar desa 14,80 M x 7 M.

Menurut Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kab. Flotim, Fransiskus Chiku Frenandez, SH melalui sekretaris Dinas Yohanes Kian Bera, SH menjelaskan bahwa selain pasar Watohone pada tahun 2012 telah dibangun ?2 pasar tradisional yang lain yakni pasar Koli di Desa Kolilanang Kec. Adonara dan Pasar Pelita di Desa Ratulodong ?Kec. Tanjung Bunga. Serah terima pekerjaan (PPO) pasar Watohone sebetulnya telah terjadi pada tanggal 24 nopember 2012. Selama ini masyarakat pun mulai menggunakan pasar ini, namun karena satu dan dua hal pengeresmian baru terjadi hari ini. (Dino Assan)

Masyarakat Desa Kenotan saat menyaksikan pengresmian pasar Wtohone
Masyarakat Desa Kenotan saat menyaksikan pengresmian pasar Watohone