Home Berita 34 Pusat Layanan Internet Kecamatan Sentral Produktif Siap Beroperasi di Flores Timur

34 Pusat Layanan Internet Kecamatan Sentral Produktif Siap Beroperasi di Flores Timur

519
0
Sekretaris Dinas Koperasi dan UKM Ignasius Wadan Hadjon, S.Pd
Sekretaris Dinas Koperasi dan UKM Ignasius Wadan Hadjon, S.Pd

Sebanyak 34 pusat layanan Internet Kecamatan Sentral Produktif (PLIK SP) siap beroperasi di Kabupaten Flores Timur. PLIK SP merupakan? pengembangan program PLIK pada Tahun 2010? yang telah terealisasi pada 17 kecamatan di kabupaten Flores Timur. Program PLIK SP kali ini dikhususkan bagi daerah-daerah yang mempunyai sentral produktif untuk pengembangan usaha produktif masyarakat. Sebelumnya pada tahun 2011 kabupaten Flores Timur mendapatkan 3 mobil internet untuk memperlancar akses internet bagi masyarakat.

?Pada Tahun 2012 Dinas Koperasi dan UKM Kab. Flotim mengusulkan 28 UKM dan Koperasi sebagai mitra pengelola PLIK SP. Namun setelah diverifikasi ternyata jumlah tersebut belum memenuhui kuota.? Maka diusulkan kembali 6 UKM/Koperasi untuk menggenapi kuota sebanyak 34,? jelas Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Flores Timur Drs. Fredrik S.Billy yang disampaikan ?Sekretaris Dinas, ?Ignasius Wadan Hadjon, S.Pd beberapa waktu lalu? di ruang kerjanya.

Menurut Wadan Hadjon, PLIK SP merupakan program KPU/USO (kewajiban pelayanan universal / universal service obligation) Kementerian Komunikasi dan informatika RI yang pembiayaan program ini bukan dari pajak rakyat melainkan kontribusi para operator telekomunikasi di Indonesia sebesar 1,25 % dari pendapatan kotor tahunan sekitar 1,3 trliun.

Lebih lanjut Ignas menjelaskan bahwa program ini merupakan kerjasama Kementrian Komunikasi dan Informatika melalui Balai Penyedia Pengelola Pembiayaan Telekomunikasi dan Informatika (BP3TI) dengan instansi terkait termasuk Dinas Koperasi dan UKM Kab Flotim, dengan tujuan untuk membuka keterisolasian wilayah melalui penyedian akses informasi, mempercepat pertumbuhan wilayah dan mengurangi kesenjangan.

Dalam kontrak kerjasama dengan PT Jasnita Telekomindo sebagai penyedia barang/jasa menyediakan layanan jasa akses internet, 6 unit komputer termasuk 1 unit komputer sebagai server dan sejumlah aplikasi dan perangkat jaringan dan peripheral. Sedangkan pihak ?pengelola PLIK SP ?menyediakan lahan dan bangunan untuk menunjang operasional ?PLIK SP.

Memang tidak mudah untuk mendapatkan 34 PLIK SP, prosesnya begitu panjang karena tidak hanya Kabupaten Flores Timur yang menginginkan PLIK SP, namun pada akhirnya kami merasa puas dengan terpasangnya sejumlah PLIK SP sesuai dengan harapan kami. Dalam waktu dekat saya akan berkoordinasi dengan Kepala Dinas untuk membicarakan pelaksanaan diklat/bimtek bagi para pengelola PLIK SP. ? untuk kesiapan SDM saya tidak kuatir namun ada sejumlah hal teknis seperti sistem pengembalian dana, dan penetapan tarif layanan internet? harus kita bicarakan lagi. Diupayakan setelah semuanya rampung akan ada serah terima PLIK SP dari Pihak ketiga dengan Pemda dan selanjutnya diserahkan kepada pengelola PLIK SP ? tambah Wadan Hadjon

Salah satu PLIK Sentral Produktif Kelurahan Sarotari  Larantuka
Salah satu PLIK Sentral Produktif di Kelurahan Sarotari Larantuka

Sementara itu koordinator PLIK Kabupaten Flores Timur Yosep Letor membenarkan adanya pemasangan PLIK SP di 34 lokasi di Kabupaten Flores Timur. ? Saat ini tim teknisi dari PT Wira Ekabahti sebagai mitra pengadaan barang sedang mengadakan pemasangan perangkat penunjang PLIK SP pada beberapa titik di wilayah Flores Timur. Pengerjaannya sudah berlangsung sejak akhir januari dan diharapkan pada pertengahan bulan ini semuanya sudah rampung,? jelas Yos Letor.

Lebih jauh pria peraih pengahargaan USO award untuk pengelola PLIK terbaik ini, menjelaskan untuk saat ini ada beberapa PLIK SP telah beroperasi. Dan dari segi keunggulan PLIK SP mempunyai kecepatan transfer data antara 128 kbps (up link) hingga 384 kbps (down link). Meski PLIK SP menggunakan kabel Telkomsel namun pada pengoperasiannya tidak menggunakan speedy.

Selain itu layanan internet dijamin sehat karena siapapun tidak bisa mengakses situs-situs porno di dalamnya. PLIK SP sudah dilengkapi dengan sejumlah perangkat pendukung seperti generator listrik, Uninteruptable Power System ?(UPS), Meubeler seperti meja, kursi, rambu penunjuk lokasi dan rambu papan nama.

Salah seorang pengelola PLIK SP Vinsen de Rosario, menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Dinas Koperasi dan UKM Flotim dan sejumlah pihak yang telah mendatangkan Perangkat PLIK SP. Dengan kehadiran PLIK SP ini diharapkan bisa membantu kami dalam membangun jaringan usaha yang lebih luas. d isamping dapat membantu masyarakat di sekitarnya agar bisa mengakses informasi melalui internet dengan biaya yang lebih murah dan terjangkau. (din/humas)