Home Berita Adonara Barat Masih Terisolasi

Adonara Barat Masih Terisolasi

400
0

LARANTUKA, KOMPAS.com ? Masyarakat di Pulau Adonara bagian barat, Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur, meminta pemerintah mengalokasikan anggaran khusus membangun ruas jalan yang menghubungkan wilayah itu. Adonara Barat adalah kawasan yang kaya hasil pertanian dan perkebunan.

Anggota DPRD Flores Timur, Agustinus Payong Boli, mengatakan, Adonara Barat merupakan kawasan paling terisolasi selama 68 tahun Indonesia merdeka. “Masyarakat berjalan kaki puluhan kilometer dari desa ke pasar dan pelabuhan untuk meneruskan perjalanan ke Larantuka, ibu kota kabupaten. Masyarakat di tiga kecamatan itu, yakni Adonara Barat, Wotanulumado, dan Adonara Tengah, ibarat hidup dalam kegelapan,” kata Payong, Jumat (18/1/2013).

Menurut dia, ruas jalan yang perlu segera dibangun adalah rute Waiwerang-Lite-Bukit Saburi-Nimun Danibao-Demondei-Mewet sepanjang 95 kilometer. Ruas jalan itu membelah wilayah Adonara Tengah, yang kaya akan sumber daya alam seperti kopi, kemiri, kelapa, cengkeh, vanili, umbi-umbian, pisang, dan buah-buahan. Semua dibudidayakan di wilayah itu.

“Dalam setiap pertemuan dengan masyarakat, mereka minta pembangunan jalan. Tetapi keuangan APBD kabupaten terbatas. Kami butuh intervensi dari pusat atau provinsi,” ucap Payong.

Editor :
Nasru Alam Aziz
Sumber: www.kompas.com
[mapsmarker marker=”2″]