Home Berita Setelah enam tahun menanti, FLOBAMORA CUP akhirnya digelar

Setelah enam tahun menanti, FLOBAMORA CUP akhirnya digelar

373
0

Kerinduan yang lama dari warga Bali asal NTT untuk merayakan kebersamaan melalui Flobamora Cup akhirnya terjawab. Flobamora Cup kembali akan digelar 02 September hingga 17 November 2012. Menurut Yusdi Diaz, Ketua Umum Flobamora Bali, turnamen Flobamora Cup bertujuan untuk membangun semangat kebersaman dalam spirit bhineka tunggal ika. Turnamen ini terakhir digelar tahun 2006, kurang lebih 6 tahun silam.

?Kita patut mensyukuri bahwa akhirnya kita kembali menggelar turnamen ini. Ini event kita bersama, jadi sukses tidaknya event ini kitalah yang menentukan? Ditambahkan ?Panitia tidak akan mampu bekerja tanpa peserta, dan peserta tidak bisa menikmati tanpa aturan. Kata kuncinya disini ada pada aturan. Maka saya mengajak seluruh kita untuk sama-sama menaati aturan yang telah sama-sama kita sepakati? Ajak Diaz.

Flobamora Cup akan diawali dengan upacara pembukaan di Gelanggang Olahraga (GOR) Ngurah Rai Denpasar, pada Minggu, 02 September 2012 mulai pukul 14:00 Wita. Upacara pembukaan diawali dengan devile peserta di iringi tarian likurai (tarian khas Belu), kemudian seluruh peserta, undangan dan warga yang hadir akan bersama-sama menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, dilanjutkan dengan beberapa sambutan.

Menurut Hans Halan, salah seorang tim panitia ?Pengundian untuk pertandingan perdana baru akan dilakukan saat upacara pembukaan. Disinilah letak surprisenya dimana tim yang akan bertanding pada laga perdana, baru akan diketahui setelah pengundian tersebut? Ujar Halan disela-sela acara gladi bersih di GOR Ngurah Rai Bali petang kemarin (1/9).

Ditambahkan setelah itu seluruh peserta, undangan dan warga akan bersatu dalam tarian ja?i massal yang sangat populer di NTT (tarian khas Bajawa) dan diakhiri dengan pertandingan sepak bola yang diawali dengan tendangan perdana. Akan hadir dalam kesempatan ini pimpinan daerah dan tokoh masyarakat Bali dan NTT.

Dari data yang ada terdapat 18 tim peserta yang mengikuti ajang ini yakni Persikamabar (Manggarai Barat), Ikmat Bali (Manggarai Raya), Persmatim (Manggarai Timur), Ikada Bali (Ngada), Ikana Bali (Nagekeo), Wuamesu (Ende), RKBM Bali (Maumere), Lamaholot Bali (Flores Timur & Lembata), Ombay (Alor), SBD (Sumba Barat Daya), Sumba Barat, Sumba Tengah, Hikmast (Sumba Timur), Koloraihau (Sabu-Raijua), Fetomone Bali (Kupang), Laimanekat (Soe), Tafenpah (Kefamenanu) dan Ikabe (Belu).

Turnamen Flobamora Cup akan memperebutkan piala bergilir, piala tetap dan dana pembinaan, dan untuk penonton pada pertandingan perdana tidak dipungut biaya namun selanjutnya akan dikenakan biaya tiket yang terjangkau.

Dalam rangka mensukseskan kegiatan ini, panitia juga menerbitkan buku yang berisi sejarah singkat Flobamora Bali, profil tim yang bertanding untuk seluruh cabang. Kehadiran buku ini tidak lepas dari dukungan sponsor. Pada pagelaran turnamen kali ini, panitia akan mempertandingan tiga cabang olahraga yakni sepak bola, futsal antar etnis dan bola volley putra/putri. Selamat bertanding. Salam Bhineka Tunggal Ika (f)