Home Berita Lomba Pangan Lokal 3B Kabupaten Flotim

Lomba Pangan Lokal 3B Kabupaten Flotim

454
0

LARANTUKA, FBC– Bertempat di gedung Ina Mandiri Larantuka, Sabtu (08/6), Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Flores Timur (Flotim) bekerjasama dengan Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan Kabupaten Flotim, mengadakan kegiatan Lomba Pangan Lokal 3B (Berimbang, Bergizi, Beragam) dan Serba Ikan Tingkat Kabupaten Flotim.

Bupati Flotim Yoseph Lagadoni Herin dan Ketua TP PKK Flotim Theresia Sabu Hadjon-Herin menghadiri Kegiatan Lomba Pangan Lokal

 

?Tujuan utama dari kegiatan ini untuk membangun minat masyarakat kembali ke pangan lokal, yaitu pangan yang menjadi kekhasan daerah kita, Flotim.? Lahan potensial padi kita terbatas, hanya 1500-an Ha. Sementara kita sangat berkelimpahan pangan lokal. Seperti? Jagung, umbi-umbian, kacang-kacangan dan lain-lain. Namun sepanjang ini, kita tidak memanfaatkannya secara baik?, ungkap Yosef Molan Tukan, S.P, Kepala Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan Kabupaten Flotim, di sela-sela acara itu.

Ketua TP PKK Kabupaten Flotim, Theresia Sabu Hadjon-Herin, kegiatan inipun merupakan salah satu ajang untuk mempromosikan pangan lokal. Apabila diolah secara baik, dengan teknologi? pengolalahan yang baik, maka akan memberikan cita rasa yang tinggi, sehingga pada suatu ketika akan memancing minat orang untuk kembali ke pangan lokal.

Kegiatan yang dimulai dari pukul 10.00 wita ini, di ikuti oleh TP PKK kecamatan se kabupaten Flotim, terdiri dari 4 orang tiap tim. Dari 19 kecamatan, ada dua kecamatan yang absen, yakni kecamatan Klubagolit dan Solor Selatan.

Seperti pantauan FBC, para peserta lomba telah disiapkan tempat di sekitar? ruangan untuk menyajikan? aneka menu pangan lokal, hasil olahan mereka. Sangat beragam dan tampak menarik. Menu-menu inilah yang dinilai oleh tiga orang juri, masing-masing berasal dari Dinas Kesehatan Kabupaten Flotim, Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan Kabupaten Flotim, dan TP PKK Kabupaten Flotim.

Bupati Flotim, Yoseph Lagadoni Herin, Setda ?Flotim, Anton Tonce Matutina, dan beberapa pimpinan SKPD lingkup Kabupaten Flotim, juga turut hadir memberi dukungan terhadap kegiatan rutin tahunan ini. Setelah dinilai, merekapun berkesempatan mencicipi cita rasa menu pangan lokal tersebut.

Sebelumnya, kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Bupati Flotim. Dalam sambutannya,? Bupati? menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan ini, walaupun dilaksanakan dalam serba kekurangan dan keterbatasan.

?Inilah makanan kita. Mari kita siapkan di rumah kita. Supaya mengurangi ketergantungan kita terhadap beras. Di Kabupaten kita, kebijakannya setiap hari jumat kita makan pangan lokal. Mari kita memulainya, di rumah kita masing-masing,? ajak Bupati dalam sambutannya.

Kegiatan lomba ini, diakhiri dengan pengumuman pemenang yang akan mewakili Flotim dalam perlombaan yang sama di tingkat Provinsi dalam bulan juni ini di Kupang. Pemenang lomba yakni TP PKK Kecamaatan Larantuka. Runner up dan juara 3 masing-masing, TP PKK Kecamatan Adonara Barat dan Adonara Tengah.(Ans)

Sumber: floresbangkit.com