Home Berita Larantuka Kesulitan Mendapatkan Pasokan BBM

Larantuka Kesulitan Mendapatkan Pasokan BBM

426
0
SPBU 5486201 Pohon Bao ? Larantuka, tampak sepi dari kendaraan yang mengisi bahan bakar. Sabtu (23/6)

LARANTUKA, FBC– Kabupaten Flores Timur (Flotim) dengan jumlah penduduk 232.605 jiwa, luas daerah 1.812,85 km2 dengan kepadatan penduduknya 128,31/km2, untuk memenuhi kebutuhan BBM sehari-hari, hanya dilayani oleh dua Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU), yakni SPBU 5486201 (01) yang terletak di Kelurahan Pohon Bao, dan SPBU 5486202 (02) di Desa Lamawalang. Keduanya terletak di Kecamatan Larantuka.

Semenjak awal Juni 2012,warga kota Larantuka dan sekitarnya, terutama para pemilik kendaraan bermotor cukup kesulitan mendapatkan pasokan BBM. Kesulitan ini ditandai dengan semakin jarang beroperasinya SPBU 01 yang persis berada di tengah kota. Tak seperti lazimnya, dalam sehari waktu operasinya hanya terjadi di pagi dan sore.

Ditemui di tempat kerjanya Sabtu (16/6), Petrus Lewar, supervisor SPBU 01, mengakui penutupan itu. Menurutnya, selain disebabkan keterlambatan pasokan BBM dari Maumere, juga semakin banyaknya jumlah kendaraan bermotor.

?Sebenarnya daya tampung Premium 20 kl dan Solar 15 kl. Karena kendala tadi, maka kami terpaksa menutupnya menunggu pasokan tiba. Tapi selalu kami sisakan 2 kl untuk emergency,?kata Lewar.

Terkait sering ditutup, pengelolah SPBU 01, Lety Monteiro, kepada FBC melalui ponsel Rabu (20/6), menjelaskan bahwa karena pasokan BBM tiba sore hari, maka terjadi penumpukkan antrian pengisian sekaligus untuk melayani semua kendaraan laut maupun darat yang ada di Flotim.

Tak berbeda dengan Lety Monteiro, Franko Monteiro salah satu pengelolah SPBU 01 di tempat terpisah, juga mengatakan alasan serupa. Menurutnya, terkait dengan Solar, semenjak mesin Solar di SPBU 02 mengalami kerusakan, maka SPBU 01 menjadi target point pengisian untuk seluruh kebutuhan masyarakat Flotim termasuk dari pulau Adonara dan Solor.

?Memang di Adonara ada tempat pengisian BBM di Waiwerang. Tetapi bagi mereka yang berada di pesisir Adonara bagian barat, jarak terdekat adalah SPBU 01 di Larantuka, walaupun harus menyeberang?, ungkapnya. Dalam pantaun FBC, selalu terlihat adanya pick up mengirimkan puluhan jerigen ukuran besar berisi solar ke Adonara Barat melalui pelabuhan Pantai Palo, Kelurahan Sarotari.

Masih menurutnya, untuk saat ini, stock premium untuk SPBU Flotim perhari sebanyak 25 kl. Jika 15 kl untuk SPBU 01, maka sisanya 10 kl untuk SPBU 02. Begitupun sebaliknya. Sementara harus melayani permintaan yang semakin hari kian melonjak akibat bertambahnya kendaraan bermotor.

?Untuk SPBU 01, kami harus melayani tidak hanya kecamatan Larantuka, juga kecamatan Ile Mandiri dan Tanjung Bunga. Rata-rata perhari kendaraan roda dua sebanyak 700 ? 1000 dengan per unit 3?5 ltr. Sedangkan untuk mobil berkisar 100-an dengan per unit 30 ? 50 ltr yang harus dilayani?, papar Franko.

Ketika ditanya mengapa tidak ditambah pasokan BBMnya, ia beralasan bahwa semenjak ditutupnya Depo Pertamina Flotim, pasokan harus diangkut dari Maumere berjarak 137 km, dengan jumlah armada pengangkut BBM untuk SPBU yang terbatas.

Menurut informasi yang didapat dari salah seorang pejabat Pemda Flotim, stock BBM di Pertamina Maumere adalah cukup; bukan juga karena armada pengangkut. Persoalan yang terjadi pada SPBU 01 dikarenakan persoalan finansial dengan pihak Pertamina, sehingga stocknya dibatasi.

Ketika dikonfrontir dengan Franko Monteiro, ia dengan tegas menolaknya. Menurutnya, sistem yang dipake bukan saham, tetapi proses jual-beli. Maka, jikalau menginginkan semuanya lancar, tidak lain perlancar jalur transportasinya.

?Percuma kami membeli banyak, sebab daya angkutnya hanya 5 kendaraan per hari. Tak mungkin kendaraan yang sama bisa kembali lagi ke Maumere, jika tiba di Larantuka sekitar 15.30 atau 16.00 . Pertamina sudah tutup,? kilahnya.

Dalam pantauan FBC, semenjak awal Juni armada pengangkut BBM dari Larantuka berangkat sekitar pkl. 07.00 wita. Hingga berita ini dimuat, kondisi belum normal dan kemungkinan ?akan bertambah rumit bila ?mesin premium SPBU 02 juga akan diperbaharui seperti pantauan FBC Sabtu (23/6). (Ans)

Sumber: floresbangkit.com