Home Kesehatan Makanan Pencegah Osteoporosis

Makanan Pencegah Osteoporosis

333
0

Meskipun industri susu telah berusaha meyakinkan setiap orang akan pentingnya produk susu untuk menghindari osteoporosis, namun beberapa penelitian tidak sepenuhnya mendukung gagasan tersebut. Adalah lebih penting untuk mengindari konsumsi berlebihan dari gula, soda, garam meja, kopi, alkohol serta mengkonsumsi makanan tinggi kalsium, magnesium, vitamin K and boron. Berikut ini adalah beberapa makanan yang dianjurkan untuk menjaga serta memelihara tulang agar tetap sehat.

Kacang Hijau: Kacang hijau sangat kaya akan vitamin K, nutrisi yang secara tidak langsung mengaktifkan Osteokalsin, protein utama dalam tulang. Selain vitamin K, kacang hijau juga mengandung Vitamin B6 serta folat, dua nutrisi yang menghambat homosistein, sebuah molekul berbahaya yang mencegah kolagen dalam pembentukan serta pertumbuhan tulang.

Brokoli: Sayuran yang kaya akan magnesium, kalsium, vitamin K, vitamin B6, folat serta vitamin C yang baik untuk penyerapan kalsium. Brokoli memiliki semuanya dalam menjaga kesehatan tulang.

Selada: Selada mengandung nutrisi trifekta yaitu Kalsium, Vitamin K dan Boron yang menjaga kesehatan tulang.

Kubis: Kubis sangat tinggi akan kandungan vitamin K, folat dan vitamin B6 yang sangat penting untuk kesehatan tulang. Kubis juga mengandung kalsium serta vitamin C yang secara signifikan dalam meningkatkan penyerapan kalsium.

Bayam: Bayam kaya akan vitamin K dan folat dan juga vitamin B6, magnesium dan kalsium.

Lemon: Meskipun asam yang terdapat pada lemon memiliki efek alkalizing pada tubuh bila dimakan, namun kandungan yang tinggi akan vitamin C sangat diperlukan untuk meningkatkan penyerapan kalsium.

Selamat menjaga kesehatan tulang anda.