Home Opini Tertundanya Pemilu Kada di Flores Timur

Tertundanya Pemilu Kada di Flores Timur

213
0

Tertundanya proses pemilu kada di kabupaten Flores Timur memunculkan berbagai tanggapan serta pandangan dan asumsi mengenai penyebab terjadinya penundaan tersebut. Berbagai alasan dari yang masih logis dan masuk akal hingga alasan yang kelihatannya tidak masuk akal dimunculkan ke permukaan sehingga entah dengan sengaja atau tidak telah terjadi penggiringan opini publik ke arah yang tidak seharusnya. Publik dipaksa untuk mengamini penyebab penundaan proses pemilu kada yang saat ini tengah beredar luas, semua ini dilakukan bertolak dari kepentingan segilintir orang ataupun sekelompok orang yang ingin mengamankan posisinya saat ini dan juga dalam rangka pemilihan presiden yang akan datang.

Bahwa KPUD Flores Timur telah diintervensi telah secara nyata terbuka dan diketahui oleh publik, sayangnya hingga saat ini sebagian masyarakat masih percaya bahwa karena ketidaklengkapan berkas oleh para calon yang mengakibatkan penundaan proses pemilu kada di Flores Timur. Fakta lain bahwa proses penundaan pemilu kada Flores Timur dikarenakan oleh bupati tidak mencairkan dana untuk pemilu kada sudah sangat jelas. Hal ini sangat berkaitan dengan kenyataan bahwa KPUD Flores Timur tidak meloloskan paket incumbent (Bupati Flores Timur pada waktu itu) karena alasan administrasi. Dalam kaitan dengan ini dimunculkan pula ke publik informasi menyesatkan yang mengatakan bahwa pasangan calon yang lain tidak melengkapi berkas yang dimaksud sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Sesuatu yang sangat menyesatkan demi kepentingan sesaat.
Fakta yang ditunjukan di atas sudah sangat jelas dan terang benderang, sayangnya media lokal yang saat ini beredar di kalangan masyarakat Flores Timur sepertinya enggan untuk memberitakan semua fakta yang ada. Justru yang dikedepankan adalah isu tandingan untuk mengarahkan opini publik sesuai dengan apa yang telah disusun dan direncanakan. Dapat disimpulkan bahwa telah terjadi perencanaan yang sangat terstruktur dengan “membeli” segala sumber daya yang dapat digunakan untuk mencapai tujuan tersebut.
Untungnya saat ini ada sebagian intelek Flores Timur yang mulai sadar dan mulai menggalakan forum komunikasi seperti Class Action yang terdapat pada jejaring sosial facebook. Walaupun masih sebatas diskusi, diharapkan informasi yang disampaikan dalam forum tersebut bisa sampai kepada publik dan masyarakat Flores Timur di manapun mereka berada sehingga dengan demikian, mereka yang mengetahui kenyataan yang sebenarnya bisa menyampaikan pula kepada saudara-saudara yang berada di lewo tana untuk pada saatnya nanti memilih yang sesuai dengan hati nurani tanpa terpengaruh oleh berbagai pembelokan kenyataan.
Hal yang perlu diwaspadai adalah, bila telah terjadi perencaan yang terstruktur oleh suatu kekuatan yang ada di tanah air ini, apakah pada saatnya nanti, proses penghitungan suara tidak akan terjadi intervensi ?
Mari kita kawal proses pemilu kada Flores Timur yang sudah carut marut ini supaya bisa berjalan dengan jujur dan adil sehingga tidak lagi terjadi pelanggaran dan hukum tidak lagi ditabrak semaunya oleh pihak-pihak yang merasa memiliki kekuasaan dan wewenang.

Yang sedang memprihatinkan proses pemilu yang carut marut akibat peraturan sering ditabrak semaunya.