Home Berita Pemilu Kada Flores Timur ditunda

Pemilu Kada Flores Timur ditunda

192
0

Kemelut pemilu kada kabupaten Flores Timur belum berakhir dan akan terus berlanjut dengan dikeluarkannya putusan penundaan proses pemilu kada dalam rapat pleno KPUD yang digelar tadi malam (18/2) di larantuka. Keputusan pleno yang dihasilkan ini menyusul belum dicairkan dana pemilu kada oleh pemerintahan kabupaten Flores Timur dengan jumlah total sebesar Rp. 9,8 Miliar. Alasan pencairan dana jugalah yang menjadi titik awal kemelut proses pemilu kada Flores Timur yang berlangsung hingga kini. Semestinya pada tanggal 3 Juni 2010 yang lalu pemilu kada Kabupaten Flores Timur telah berlangsung dan kini Flores Timur sudah memiliki Kepada Daerah.

Namun untuk kedua kalinya proses pemilu kada Kabupaten Flores Timur ditunda oleh alasan yang sama yaitu tidak dicairkannya dana operasional oleh pemerintahan Kabupaten Flores Timur. Sebelumnya Bupati Flores Timur yang saat itu dijabat oleh Drs. Simon Hayon bersikeras tidak mencairkan dana pemilu kada dengan alasan keamanan. Namun belakangan banyak pihak mempertanyakan alasan keamanan yang terkesan mengada-ada.

Kemelut pemilu kada berlanjut dengan diberhentikannya beberapa anggota KPUD Flores Timur yang dinilai melanggar kode etik dengan tidak mengakomodir pasangan calon Drs. Simon Hayon ? Frans Diaz Alfi (Paket Mondial) yang diusung oleh partai Golkar. Alasan tidak diakomodirnya paket Mondial disebabkan oleh tidak lengkapnya berkas pasangan calon yang harus diserahkan ke KPUD hingga batas waktu yang ditentukan.
Saat ini penundaan proses pemilu kada kembali berlanjut. Penjabat Bupati Kabupaten Flores Timur mengatakan bahwa alasan belum dicairkan dana operasional pemilu kada Kabupaten Flores Timur adalah belum ditandatanganinya kesepakatan perjanjian kerjasama yang tertuang dalam MoU antara KPU dengan keenam pasang calon yang bakal meramaikan bursa pemilu kada.

Dengan alasan seperti yang disampaikan tersebut ditenggarai masih ada beberapa hal yang belum dituntaskan oleh KPU, sehingga diharapkan KPU sebagai lembaga independen yang dipercayai melaksanakan proses pemilu kada Kabupaten Flores Timur bergerak cepat dan gesit menyelesaikan segala bentuk permasalahan agar kemelut pemilu kada Kabupaten Flores Timur bisa segera berakhir dan masyarakat Kabupaten Flores Timur segera dapat memiliki Kepada Daerah yang akan memimpin pelaksanaan serta percepatan pembangun di Flores Timur.

Hans Hallan