Home Opini Penarikan Nomor Undian diskors

Penarikan Nomor Undian diskors

228
0

Larantuka.com – Penarikan undian bagi para calon kepala daerah dan wakil kepala daerah Flores Timur yang sedianya dilakukan pada hari ini diskors hingga hari kamis, 27 Januari 2011 yang akan datang. Alasan penundaannya adalah kelima paket calon tetap bersikukuh dengan nomor undian sebelumnya yang telah dikantongi.

Keadaan seperti hari ini dapat dipastikan akan berlangsung pada hari kamis yang akan datang masih dengan alasan yang sama. Karena itu perlu diambil kebijaksanaan dalam menyikapi situasi yang terjadi di Flores Timur dalam kaintannya dengan proses pemilu kada.

Sejak penundaan awal proses pemilu kada di kabupaten paling timur pulau Flores, terjadi begitu banyak kejanggalan serta kontroversi yang dilakuan oleh lembaga penyelenggara pemilihan umum.

Saat ini hanya ada satu hal yang perlu dilakukan, tidak perlu lagi menunda proses yang selama ini terkatung-katung. KPUD perlu mengambil kebijakan mungkin dengan melakukan persetujuan bersama para paket calon dalam hal penarikan undian nomor urut. Mengingat nomor urut yang sudah dikantongi saat ini telah dikenal luas dan telah menjadi identifikasi calon yang sebelumnya statusnya diturunkan menjadi bakal calon, maka KPU perlu melakukan semacam rekayasa penarikan nomor undian sehingga secara otomatis, paket calon yang terakhir mengantongi nomor urut 6.

Sekali lagi, ini demi berlanjutnya proses pemilihan umum kepala daerah. Karena bila saat ini sudah bukan saatnya untuk membicarakan uu serta perarturan. Membicarakan uu dan peraturan semestinya semenjak proses pemilu kada terhenti pada tahun 2010 yang lalu.

Hans Hallan