Home Opini Pemilu Kada Flores Timur tertunda karena KPUD Flotim ?

Pemilu Kada Flores Timur tertunda karena KPUD Flotim ?

193
0

Seharusnya saat ini Flores Timur telah memiliki seorang kepala daerah hasil pemilu kada 2010. Sejatinya sesuai dengan rencana pemilu kada Kabupatan Flores Timur telah digelar pada 3 Juni 2010 yang lalu, namun karena ada keputusan KPUD Flores Timur yang dinilai tidak sesuai dengan aturan hukum yang berlaku, akhirnya atas desakan dan masukan dari KPU Pusat dan KPUD Propinsi, pemilu kada Flores Timur ditunda hingga waktu yang belum ditentukan.

Yang bisa dikatakan pasti adalah bahwa penundaan pemilu kada disebabkan oleh ketidak-puasan salah satu paket calon dalam hal ini paket MONDIAL terhadap keputusan KPUD Flores Timur, yang mem-PTUN-kan KPUD Flores Timur. Alhasil, seiring dengan disetujuinya berkas perkara paket MONDIAL terhadap KPUD Flores Timur, hingga kapan penundaan pemilu kada Flores Timur, belum ada yang bisa memastikan.

Proses penundaan belum berhenti sampai di sini [PTUN tingkat propinsi], karena pihak tergugat mengajukan banding ke tingkat yang lebih tinggi. Namanya banding pasti ke tinggkat yang lebih tinggi donk.
Nah soalan baru kembali muncul di sini. Sebagai akibat dari diajukannya banding oleh pihak tergugat dalam hal ini KPUD Fores Timur, bermunculanlah atau lebih tepatnya diciptakanlah suatu opini baru bahwa KPUD merupakan alasan semakin tidak tentunya waktu penundaan pemilu kada Flores Timur. Kiranya opini yang sempit dan picik dengan tujuan untuk menjatuhkan pihak-pihak yang terkena imbas seharusnya perlu diluruskan. Siapa yang harusnya meluruskan ? Mereka yang memiliki pengaruh serta mengerti dan memahami proses hukum di negara ini, perlu memberikan penjelasan sejelas-jelasnya.
Mereka yang merasa merupakan “pemimpin” sebuah organisasi, dan setiap mereka yang terpanggil untuk selalu menyampaikan kebenaran.

Hans Hallan