Home Serba-serbi Jadilah padaku menurut kehendak-Mu

Jadilah padaku menurut kehendak-Mu

186
0

Kata Maria kepada Malaikat Gabriel: “Jadilah padaku menurut kehendak-Mu.” Sebuah penyerahan diri yang total kepada rencana dan rancangan Tuhan atas hidupnya.
Sekedar untuk diketahui, pada jaman Maria, hukum dan adat istiadat bangsa Yahudi dijalankan secara ketat. Masih ingat kisah perempuan yang ketahuan berzinah ? Berdasarkan hukum agama Yahudi, wanita yang berzinah itu harus dirajam hingga mati.
Pada saat Maria menyerahkan diri secara total kepada kehendak dan rencana Tuhan, sebenarnya secara manusia Maria telah membayangkan akibat yang akan dialaminya jika dia ketahuan mengandung tanpa memiliki seorang suami. Boleh dikatakan bahwa Maria telah berzinah entah dengan siapa. Hukuman yang pantas yang ada dalam benak Maria adalah hukuman rajam.
Namun kepasrahan seorang Maria berbuah “manis”. Ia dipilih untuk melahirkan seorang Putra Allah. Sosok yang menjadi pemuliha hubungan retak antara manusia dan Penciptanya. Setiap peristiwa yang dialami Maria senantiasa di simpannya dan direnungkannya dalam hati.

Hans Hallan