SMK Bina Karya Larantuka Hijaukan Solor

KUPANG, FBC- Sekolah Menegah Kejuruan (SMK) Bina Karya Larantuka, Kabupaten Flores Timur (Flotim) selama dua hari, ?Selasa dan Rabu (14-15 Januari 2014) melakukan kegiatan penghijauan di pulau Solor. Mereka menanam sebanyak ?2.000 anakan pohon mahoni di desa Woloblolong, Kecamatan Solor Timur, kabupaten Flotim.

Laporan, Maksi Masan dari Larantuka melalui email kepada FBC di Kupang, Sabtu (18/01/2014) menjelaskan, kegiatan SMK Bina Karya Larantuka milik Misionaris Serikat Sabda Allah (SVD) dilaksanakan dalam rangka memperingati 100 tahun masuknya Misi Serikat Sabda Allah (SVD) di Indonesia.

Kegiatan Penghijauan melibatkan civitas akademik SMK Bina Karya dengan jumlah peserta sebanyak 100 orang yakni 26 Guru dan pegawai serta 76 perwakilan siswa ?siswi, serta partisipasi masyarakat setempat. Rangkaian kegiatan itu dilaksanakan selama dua hari yakni Selasa 14 Januari hingga Rabu 15 Januari 2014.

Rombongan berangkat dari Larantuka pada Selasa pagi dengan menggunakan kapal motor Karya Apolo menuju Pelabuhan Lewo Kaha Desa Wulublolong selanjutnya menuju lokasi penghijauan di Desa Wulublolong.

Setelah seharian melakukan aktivitas penghijauan, pada malam harinya siswa ?siswi yang tergabung dalam grup band Albartos yang adalah grup Band anak SMK Bina Karya Larantuka mengelar hiburan untuk menghibur warga Desa Wulublolong.

Kepala Desa Wulublolong Bernadus Belawa Rebon dalam sambutan membuka kegiatan malam hiburan menyampaikan bahwa, kunjungan dan kehadiran Keluarga Besar SMK Bina Karya Larantuka, benar ? benar membawa misi kemanusiaan yang mulia dan bermakna bagi masyarakat di wilayah ini.

?Hal ini perlu saya tegaskan karena? pihak SMK Bina Karya Larantuka telah mendukung program pemerintah desa dalam hal penghijauan sekaligus menghibur dan meneguhkan masyarakt desa Wulublolong yang sedang mengalami luka batin dan trauma psikologis pasca konflik sosial tanggal 05 November 2013,? ?ungkap Bernardus.

Bernardus pada kesempatan itu juga menginformasikan ?bahwa, selama ini pasca perang, ada sekian banyak Paroki , sekolah , tarekat atau biara, maupun kelompok pemuda katolik dan masyarakat peduli di keuskupan Larantuka datang ke desa ini dengan tujuan yang sama yakni mengunjungi dan menghibur masyarakat di desa ini.

Yohanes Geroda, S.Pd Guru SMK Bina Karya selaku? Ketua Panitia kegiatan penghijauan menjelaskan bahwa, selain tujuan utama pelaksanaan penghijauan sebagai peringatan seabad misi SVD, tujuan lainnya adalah untuk melatih siswa mendekatkan diri dengan masyarakat dalam karya nyata serta memotivasi siswa dalam mencintai bumi dengan senantiasa menanam pohon, apalagi pulau Solor sering dikatakan sebagai pulau yang gersang dan tandus,

Selain itu, tujuan lain dari rangkaian ?kegiatan ini adalah menghibur warga Wulublolong pasca konflik sosial beberapa bulan yang lalu. Rangkaian Kegiatan Penghijauan dan hiburan ditutup pada rabu pagi 15 januari dengan mengelar misa penutupan. Misa dipimpin langsung oleh Pater Piter Tukan SVD, yang juga kepala SMK Bina Karya Larantuka.

Dalam Kotbahnya, Pater Piter mengatakan, selain mengenang kelahiran St Arnodus Jannsen, pendiri dan pelindung SVD, juga mengajak semua orang untuk memiliki semangat dan spirit yang tinggi sebagai misionaris sejati seperti St Arnoldus Jannsen untuk terus mewartakan kerajaan Allah ditengah dunia.

Pater menutup Khotbahnya dengan menyampaikan terima kasih ?kepada seluruh ?umat stasi St. Mikael Wulublolong atas penerimaan yang penuh antusias dan selalu menunjukan rasa keakraban dalam suasana persaudaran terhadap kehadiran SMK Bina Karya Larantuka. (Oni)

Sumber: www.floresbangkit.com

Facebook Comments

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password