Puskesmas Waiwerang Jadi Puskesmas Reformasi

Wakil Bupati Flores Timur, Valenstinus Tukan, SAP membuka dan meresmikan Puskesmas Waiwerang menjadi Puskesmas Reformasi bertempat di halaman Puskesmas Waiwerang Rabu (12/12-2012) bertempat di pelataran Puskesmas Waiwerang dan acara dilanjutkan di Kantor Camat di Adonara Timur.

Wakil Bupati Flotim, Valentinus Tukan, S.Ap dan Mikhael Fernandez Lewai, ST membuka selubung papan nama sebagai tanda diresmikan puskesmas reformasi Waiwerang

Hadir dalam kesempatan tersebut, anggota DPRD Mikhael Fernandez selaku Pejabat yang mewakili Ketua DPRD Kabupaten Flotim, Kepala Dinas Kesehatan, dr. Yoseph Usen Aman, Camat Adonara Timur, Yoseph Penana BA, Muspika Kec. Adonara Timur, para Dokter, para Perawat, Staf Dinas Kesehatan dan sejumlah tokoh masyarakat Kec. Adonara Timur.

Wakil Bupati Valens, pada kesempatan tersebut menyampaikan profisiat atas kerja keras dan perhatian semua pihak dalam memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Menurut Valens, kesehatan menjadi hal penting yang harus diutamakan. Dalam memberikan pelayanan, senyum merupakan modal utama sekaligus menjadi obat tanpa biaya. Melalui program Reformasi Puskesmas diharapkan agar para petugas kesehatan meningkatkan mutu pelayanan. Sikap keramahtamahan, senyum manis dan responsifitas sangat dibutuhkan dalam memberikan pelayanan. Hal ini menurut Valens adalah tanggung jawab semua pihak terkait. Tentunya semua ini adalah harapan dalam memperbaiki perilaku pelayanan kepada masyarakat dan pasien.

Lebih lanjut dikatakan, segala hal yang berkaitan dengan persoalan-persoalan di Puskesmas harus dikomunikasikan, dibicarakan bersama-sama untuk mencari tahu solusi untuk dibenahi. Dan apabila tidak bisa menyelesaikan maka mintalah bantuan kepada pemerintah untuk bersama membicarakannya. Wakil Valens juga menyampaikan terimakasih kepada para pengurus dan anggota atas kerjasama dan keterlibatan langsungnya dalam memikirkan keberlanjutan Puskesmas Waiwerang.

Kepala Dinas Kesehatan, dr. Usen Aman dalam laporannya menjelaskan bahwa Puskesmas sebagai pusat penggerak pembangunan berwawasan kesehatan memiliki peran yang sangat strategis dalam peningkatan derajad kesehatan bangsa. Untuk itu Puskesmas dituntut untuk memberikan pelayanan yang lebih baik, lebih efisien, transparan, lebih komunikatif dan lebih partisipatif. Di sisi lain menurut dr. Usen Aman, masyarakat belum merasa memiliki ; Bahwa Puskesmas adalah milik mereka sendiri sehingga perlu kerjasama dan membangun kebersamaan, kemitraan untuk menyelesaikan masalah kesehatan. Untuk itu perlu dilakukan reformasi baik dari aspek pelayanan di internal Puskesmas maupun melalui pemberdayaan masyarakat.

Reformasi Puskesmas ditekankan pada penyelenggaraan pelayanan kesehatan di Puskesmas yang berorientasi pada kualitas pelayanan dan pengguna layanan dengan melibatkan para para pihak dalam proses pengembangan melalui pemberdayaan masyarakat di wilayah Puskesmas dengan pendekatan kemitraan multipihak. Mel Fernandez anggota DPRD Flotim sebagai pejabat yang mewakili Ketua DPRD saat itu menyampaikan profisiat atas prestasi yang diraih oleh Dinas Kesehatan melalui MDG?S Award. Berkaitan dengan reformasi Puskesmas tersebut, Mel Fernandez juga mengharapkan agar pelayanan di Puskesmas harus ditingkatkan dan dikembangkan demi kesehatan masyarakat. Menurut Mel Fernandez, DPRD mendukung penuh Puskesmas Waiwerang menjadi Puskesmas Reformasi untuk meningkatkan kualitas pelayanan masyarakat yang lebih baik, transparan, komunikatif, partisipatif.

Sementara itu, Abubakar Koren selaku Ketua Badan Kemitraan Peduli Kesehatan Masyarakat ( BKPKM ) dalam sambutannya juga menyatakan Kemitraan antara BKPKM dengan Dinas Kesehatan menjadi penting. Untuk itu peningkatan SDM harus juga menjadi prioritas dalam pelayanan karena menurutnya tanpa SDM maka hasilnya nol.

Abubakar juga menghimbau dan mengajak semua pihak agar jangan berbangga karena Puskesmas Waiwerang dijadikan Puskesmas Reformasi, tetapi yang paling penting bersama kita menjaga dan meningkatkan kualitas pelayanan yang prima. Kita juga perlu membangun kesadaran diri untuk merasa memiliki Puskesmas demi keberlanjutan hidup kita.

Wakil Bupati bersama rombongan meninjau dan mengunjungi para pasien di Puskesmas Waiwerang

Kegiatan meresmikan Puskesmas menjadi Puskesmas Reformasi tersebut ditandai dengan pembukaan selubung oleh Wakil Bupati Flotim dan pejabat yang mewakili Ketua DPRD Flotim.? Usai pembukaan selubung, Wakil Bupati bersama rombongan meninjau dan mengunjungi para pasien di Puskesmas Waiwerang.(Hironimus Tukan)

Facebook Comments

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password