Pembangunan Kapela St Antonius Lewerang : Sarana Pendukung Umat Dalam Beribadah

Selasa (16/10/2012) Bupati Flores Timur Yoseph Lagadoni Herin, S. Sos melakukan peletakan batu pertama pembangunan Kapela St Antonius Padua Lewerangan Kelurahan Amagarapati. Kapela yang telah berusia 27 tahun tersebut? dibangun diatas lahan seluas 10 x 15 Meter dengan menelan biaya 380 juta.? Kapela yang terletak 200 meter dari jalan utama di Larantuka termasuk salah satu kapela tua yang belum pernah direnovasi sebelumnya. Lewerang sendiri merupakan salah satu lingkungan dari 7 lingkungan yang ada di Paroki Kathedral Reinha Rosari Larantuka. Jumlah umat lingkungan St Antonius Lewerang sebanyak 1443 dan merupakan jumlah terbesar di Paroki Reinha.

Acara pemberkatan Batu oleh Rm Yos Nara Lein, Pr. Bupati Flotim (Kiri) Waka Polres Kompol Mateus Tono

 

Dalam sambutanya, Bupati Yosni mengatakan hampir semua umat di nagi ini telah memiliki kapela yang bagus. Memang Tuhan tidak membutuhkan tempat yang indah tetapi kenyaman umat dalam beribadah perluh didukungan dengan sarana rohania yang layak. Bupati Yosni? mengharapkan dalam proses pembangunan kapela ini masyarakat amagarapati tetap membangun persaudaraan dan semakin mempererat kerjasama antara satu dengan yang lain. Jangan saling tuding dan melemparkan kesalahan pada persoalan yang menyangkut dana dan anggaran. Yang dibangun adalah rumah Tuhan.

Hal itu dikatakan Bupati Yosni dihadapan Waka Polres Flotim Kompol Mateus Tomo, anggota DPRD Flores Timur Paulus Krowe, Sekcam Larantuka Herinimus Lamawuran, S.Sos Pastor Paroki Kathedral Reinha Rosari Larantuka Rm Yos Nara Lein Pr, Lurah Amagarapati Yeremias Bawana, Ketua Lingkungan St Antonius Lewerang Yohanes Daton Beribe dan segenap masyarakat Kelurahan Amagarapati.

Dalam sambutannya Ketua lingkungan St Antonius Lewerang menjelaskan rencana pembangunan kapela ini berawal dari kerja nekat. Dengan melihat kondisi kapela yang sudah sangat tua dan jumlah umat lingkungan St Antonius semakin bertamba maka kami bertekat membangun kapela ini. Dibutuhkan dana sekitar 380-an juta untuk merampungkan pembangunan kapela tersebut. Saat ini dana yang dihimpun sekitar ?120-an juta berasal dari swadaya umat dan sumbangan dari donatur. Selain itu ada beberapa donatur? menyumbang dalam bentuk bahan bangunan. Kepada umat St Antonius Beribe mengharapkan sumbangsi dan partisipasi umat dalam proses pembangunan kapela ini hingga selesai.

Acara yang diawali dengan serimonial adat dan pemberkatan batu oleh Pastor Paroki Reinha Rosari Larantuka berlangsung hikmat dan penuh persaudaraan. (Din)

 

Facebook Comments

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password