MANFAATKAN PANGAN LOKAL DALAM SEMANGAT DESA MEMBANGUN KOTA MENATA

Tekad Pemerintah Kabupaten Flores Timur agar Masyarakat Kabupaten Flores Timur mengkonsumsi bahan pangan lokal terus digaungkan. Bupati Flores Timur Anton Gege Hadjon dalam sambutanya pada acara penutupan Gelar Promosi dan Pameran Pangan lokal Tingkat Kabupaten Flores Timur tahun 2017 yang disampaikan Kepala Dinas Ketahanan Pangan Yosep Molan Tukan mengatakan masyarakat tidak perlu mengelu rawan pangan dengan tidak mengkonsumsi nasi; pada hal ketersedian pangan lokal sangat berkecukupan. Masyarakat belum maksimal memanfaatkan pangan lokal untuk mengganti beras untuk dikonsumsi sehari-sehari. Selama ini masyarakat Flores Timur menganggap beras sebagai primadona makanan. Padahal, daerah Flores bukan penghasil utama beras. Kenapa tidak mengkonsumsi bahan pangan yang ada seperti jagung, ubi, pisang, sorgum dan kacang-kacangan.

Lomba Cipta Menu Beragam Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA)

Bupati Hadjon mengharapkan agar masyarakat perlu disadarkan untuk kembali mengkonsumsi pangan lokal dengan memanfaatkan kebun dan halaman untuk menanam tanaman pangan lokal.  Pemerintah sebagai fasilitator tentunya akan bekerja sama dengan unsur-unsur terkait dalam menjaga stabilitas ketahanan pangan di daerah ini. Kepada para camat dan penyuluh pertanihan agar memberikan kesadaran, motivasi dan pemahaman kepada masyarakat akan pentingnya pangan lokal sebagai salah satu kebutuhan dasar manusia. Oleh karena itu perlu ada gerakan untuk memanfaatkan lahan pertanian pada musim tanam tahun ini dengan menanam keanekaragaman pangan lokal.  ketersedian pangan lokal di masing-masing rumah dan lumbung-lumbung pangan di desa-desa menjadi urusan dan tanggungjawab kita bersama dalam semagat desa membangun kota menata.

Gelar Promosi dan Pameran Pangan lokal Tingkat Kabupaten Flores Timur berlangsung selama tiga hari, sejak tanggal 25 – 27 Oktober 2017 ditaman kota Felix Fernandez Larantuka menampilkan aneka ragam pangan segar dan olahan yang berasal dari sumber daya lokal di seluruh penjuru Kabupaten Flores Timur, serta hasil pemberdayaan masyarakat terkait upaya penganekaragaman pangan di daerah. Pameran ini melibatkan seluruh 19 Kecamatan    di seluruh kabupaten Flores Timur, serta pemerhati pangan lokal dan peserta lain yang terkait dan mendukung pengembangan pangan lokal.

Stand Pameran Kecamatan Adonara pada Gelar Promosi dan Pameran Pangan Lokal Tk Kabupaten Flores Timur Tahun 2017.

Selama pameran diselengarakan berbagai kegiatan yaitu lomba Stand; Lomba Cipta Menu Beragam Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) Berbasis Sumberdaya Lokal; lomba pidato dan mars pangan lokal antar SMTA, lomba asah terampil antar kelompok tani,  dan Pemilihan Duta Pangan.

Setiap kecamatan juga menampilkan aneka pangan lokal unggulan dan andalan daerahnya masing-masing, seperti Demon Pagong menampilkan aneka olahan dari sorgum, klubagolit dengan olahan keripik pisang, ubi dan jagung, Tanjung Bunga menampilkan panganan dari siput laut dan gula tuak, Lewolema dengan Kacang Mede,  Larantuka menampilkan aneka olahan buah Labu, seperti stik, puding lapis, agar-agar  dan lain-lain.

 

Hasil perlombaan gelar promosi dan pameran pangan lokal Tk Kabupaten Flores Timur Tahun 2017.

A. lomba Stand Pameran

Juara I        : Kec. Adonara Timur

Juara II       : Kec. Wualnggitang

Juara III     : Kec. Adonara

Juara IV      : Kec. Larantuka

Juara V       : Kec. Ile Mandiri

Juara VI      : Kec. Demon Pagong

 

B. Lomba Asah Terampil

Juara I        : Kec. Adonara Timur

Juara II       : Kec. Solor Barat

Juara III     : Kec. Titehena

Juara IV      : Kec. Solor Selatan

Juara V       : Kec. Solor Timur

Juara VI      : Kec. Ile Bura

 

C. Lomba Cipta Menu Beragam Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA)

Juara I        : Kec. Lewolema

Juara II       : Kec. Adonara

Juara III     : Kec. Adonara Timur

Juara IV      : Kec. Larantuka

Juara V       : Kec. Wulanggitang

Juara VI      : Kec. Titehena

 

D. Lomba Cipta Pidato

Juara I        : SMAK swasta  St Darius Larantuka

Juara II       : SMA Negeri I Larantuka

Juara III     : SMAK Frateran Podor

Juara IV      : SMK Swasta Lamaholot Larantuka

Juara V       : SMK  Swasta Teluk Hading – Leworahang

Juara VI      : SMK Swasta Kesehatan Sura Dewa

 

D. Lomba Mars Pangan Lokal

Juara I        : SMAK St. Fransiskus

Juara II       : SMA Negeri I Larantuka

Juara III     : SMK Swasta Lamaholot Larantuka

Juara IV      : SMK  Swasta Teluk Hading – Leworahang

 

Maria Jawa Lein Duta Pangan Kabupaten Flores Timur Tahun 2017, bersama Kadis Ketahanan Pangan, Yosep Molan Tukan

Sebelumnya Bupati Flores Timur melakukan launching produk hukum daerah tentang pemanfaatan dan penakeaka ragaman pangan lokal. Peraturan Bupati (Perbup) tersebut menginstruksikan kepada organisasi pemerintah Daerah dalam setiap acara  kepemerintahan dan agar wajib menyajikan menu masakan berbahan pangan lokal  dalam bentuk snack ringan maupun menu masakan lainnya. Gelar Promosi dan Pameran Pangan lokal Tingkat Kabupaten Flores Timur yang diselenggarakan untuk pertama kali oleh Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Flores timur juga menobatkan Maria Jawa Lein sebagai Duta Pangan Kabupaten Flores Timur Tahun 2017.

Kepada para peserta lomba Bupati Hadjon mengatatakan hendaknya peserta yang menjadi juara janganlah terlalu lama larut berpuas diri, dan kepada yang belum menjadi juara hendaknya sarana ini sebagai sarana tukar menukar informasi dan teknologi pengembangan dan pengolahan pangan lokal demi  meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam hal pengolahan dan penyajian menu makanan berbasis pangan lokal, dan menjadi motivasi untuk membenahi diri dalam menghadapi event serupa yang akan datang. (Din)

Facebook Comments

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password