Jembatan Tak Kunjung Rampung Warga Tiga Kecamatan Terisolir

LEWOLEBA, TIMEX – Warga Kecamatan Nubatukan, Nagawutun dan Wulandoni di Kabupaten Lembata, hingga kini masih terisolir. Penyebabnya adalahpengerjaan jembatan Waibajar di Desa Bour, Kecamatan Nubatukan, tidak kunjung selesai.

Warga di tiga kecamatan yang menggunakan truk angkutan umum penumpang, terpaksa harus melalui jalan lain, dengan ongkos mahal jika tidak ingin kendaraan roda duanya macet karena kemasukan air.

Sebagian warga yang berdiam di sekitar jembatan tersebut nekat menerobos kali yang tergenang air tersebut menyebabkan antrian puluhan sepeda motor.

Disaksikan koran ini, Senin (7/8), puluhan kendaraan terpaksa harus mengantre untuk melewati jalan alternatif yang ditimbun di kali Waibajar. Karena kebanyakan kendaraan yang mengantre melewati jalur aternatif, tidak sedikit sepeda motor yang terpaksa menerobos kali
yang tergenang hingga paha orang dewasa tersebut. Akibatnya, sejumlah sepeda motor harus digotong keluar dari kali karena mesinnya kemasukan air.

Kepala Desa Bour, Mans Wolor, Senin (7/8) mengatakan, proyek tersebut dikerjakan sejak Oktober 2011 oleh kontraktor bernama Min Bone. Kendati proyek bersifat emergensi, namun fisik proyek hanya mencapai 60 persen.

“Mestinya proyek tersebut sudah selesai minimal Maret 2012 karena menurut keterangan Kadis PU sebelumnya, proyek dengan pagu anggran Rp 3,5 miliar tersebut dikerjakan mulai beton hingga gelagarnya, tetapi sekarang proyek ini ditender ulang untuk gelagarnya,” kata Wolor.

Sementara itu, sejumlah pengendara sepeda motor di lokasi jembatan Waibajar mengeluhkan pekerjaan jembatan tersebut. “Kami sangat kesulitan melewati jalur ini, tetapi karena jarak rumah kami dari jembatan ini dekat terpaksa kami gotong sepeda motor kami kalau antrean sepeda motor sangat banyak, tetapi untuk membawa hasil bumi dengan truk, untuk dijual ke kota Lewoleba, kami harus memutar ke jalur lain dengan ongkos lebih mahal,” ujar Paulus Botoor.

Warga berharap, pemerintah setempat segera menyelesaikan pengerjaan jembatan ini. (krf1/ito)

Facebook Comments

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password