Jangan menyimpang ke kota-kota orang Samaria

Hari ini Yesus memanggil keduabelas murid-Nya dan mengutus mereka untuk memberitakan bahwa Kerajaan Allah sudah dekat. Dalam pesan kepada murid-murid-Nya, Yesus berpesan agar jangan menyimpang ke desa-desa orang Samaria. Sekelumit tentang Samaria pada jaman Yesus, orang-orang Yahudi menganggap bahwa orang-orang Samaria telah melakukan penyembahan berhala dan tidak berbakti kepada Allah nenek moyang bangsa Israel di Yerusalem karena itu terjadi perpecahan di antara mereka.
Kembali merujuk pada pesan Yesus di atas, bahwa kita manusia diutus untuk memberitakan kerajaan Allah, untuk itu kita perlu fokus pada apa yang hendak disampaikan. Mengapa para murid diminta Yesus untuk tidak menyimpang ke Samaria adalah untuk menjaga agar para murid tidak membawa diri mereka masuk dalam pencobaan. Tuhan tahu bahwa kita manusia hanyalah seonggok daging lemah yang terbentuk dari debu tanah, karena itu Ia telah lebih dahulu memperingatkan kita sehingga kita tidak membawa diri kita masuk ke dalam pencobaan. Karena jika demikian, karena kelemahan kita, pada akhirnya kita akan jatuh ke dalam dosa.
Mari kita fokus pada apa yang menjadi tujuan penciptaan kita yaitu memberitakan bahwa kerajaan Allah sudah dekat dan sudah datang. Kita diciptakan untuk mengalami kebahagiaan, untuk mencintai. Dengan mencintai secara tulus kita telah menghadirkan kerajaan Allah di tengah-tengah kita. Semoga

Hans Hallan

Facebook Comments

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password