Finalis Gambara Disambut Meriah dengan Ritual Adat Lamaholot

LEWOLEBA, FBC-Finalis Gambara Photo Award 2012, yang mendapat lokasi pemotretan di Kabupaten Lembata,? Klaas Stoppels dan Berti Laurens Numberi disambut meriah saat tiba di Desa Jontona, Kecamatan Ile Ape, Kabupaten Lembata Sabtu, (20/10/2012).

Saat keduanya memasuki desa Jontona, di depan pintu gerbang desa, masyarakat menyambut dengan tarian? perang. Keduanya diarak masuk desa menuju balai pertemuan desa yang sudah ditunggu pemangku adat? Kampung Lewohala.

Sebelum memasuki balai desa, tetua adat melakukan ritual adat Lamaholot? berupa baulolong (beri sesajian berupa tuang tuak untuk leluhur). Para tetua adat membuat sapaan adat sekaligus ?mohon ijin dan restu pada leluhur lewotana Lewohala agar? kedua finalis ini menjadi anak sendiri dan dilindungi serta diberkati selama berada di tanah ini. Selanjutnya pemberian suguan tuak, siri-pinang dan tembako kepada finalis dan rombongan.

Rombongan yang mendampingi kedua finalis diantaranya, Panitia Gambara Lokal, Lukas Onek Narek, pendamping masing-masing : Aloysius Bagasi Halimaking dan Memet Abdul Jamil. Ikut serta dalam rombongan itu Babinsa Kecamatan Nubatukan, Paulino Suares.

Para tetua adat, pemerintah desa dan warga masyarakat desa Jontona dengan antusias datang memberikan ucapan selamat datang. Semua menari dan bermain dolo (oa), tarian masal Lamaholot di tengah hari yang panas dalam ruang pertemuan desa Jontona. Acara penerimaan dilanjutkan dengan acara mencicipi hasil masakan? lokal Lamaholot berupa jagung titi, pisang dan ikan, serta minum kopi, teh dan tuak.

Acara penerimaan tetamu? dalam bentuk ritual adat Lamaholot Lewohala berlangsung sekitar 1 jam. Akhir acara kekeluargaan ini, Klaas Stoppels berangkat menuju Kedang, desa Lewayan kecamatan Omesuri.

Sebelumnya, Klaas Stoppels dan Berti Numberi tiba di bandara Wuno Pito Lewoleba dengan pesawat Susi Air dari bandara El Tari Kupang.??? ?Semula rencana rombongan Gambara hanya mengentar Berti Laurens Numberi ke Jontona, sementara Klaas Stoppels langsung menuju desa Lewayan kecamatan Omesuri. ??Namun atas permintaan tetua adat desa Jontona, Klaas Stoppels asal Belanda ini, menyinggahi desa Jontona bersama Berti Numberi.? (Luk)

Sumber: Flores Bangkit

Facebook Comments

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password