DUA PUTRA HERA RAMAIKAN PILKADES LEWOMUDA

Panitia Pemilihan Kepala (Pilkades) Desa Lewomuda menetapkan dua calon kepala Desa untuk bertarung dalam pemilhan kepala Desa (Pilkades) tahun 2017.  Penetapan dua calon kepala desa tersebut dihadiri keempat bakal calon dalam rapat terbuka Panitia Pilkades pada tanggal 30 sepetember 2017 di kantor Desa Lewomuda.

Camat Demon Pagong, Heronimus Lamawuran/Hery melantik Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Lewomuda periode 2017 -2023 (4/10/2017)

Rosalina Leto Kung ketua Panitia Pemilihan Kepala (Pilkades) Desa Lewomuda di sela acara pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan BPD Desa Lewomuda (4/10/2017), mengatakan dari empat bakal calon kepala desa yang diusulkan hanya dua bakal calon kepala desa dinyatakan memenuhi persyaratan. Dua bakal calon lainnya dinyatakan, gugur secara administrasi karena tidak melampirkan ijzah setelah melalui  proses penjaringan dan penyaringan.  Keputusan Panitia Pilkades ini diambil secara musyawarah mufakat dan sudah melalui mekanisme dan ketentuan yang berlaku.

Lebih lanjut Roslin (Panggilan Rosalina Leto Kung) menjelaskan bahwa dua calon kepala desa masih mempunyai hubungan kekeluargaan yang sangat dekat dan berasal dari marga yang sama. Calon inkamben  Sirfinus Sina Hera (48)  adalah mantan kepala Desa 2012 -2017 dan Laurensius Murin Hera (49) yang merupakan guru swasta pada SMPN I Demon Pagong.  mereka telah menandatangani pernyataan kesedian untuk bertarung dalam pilkades tanggal 12 Oktober tahun 2017 untuk memperebutkan 222 pemilih yang ada di Desa Lewomuda.

“sesuai dengan jadwal panitia pilkades kamis,  5 Oktober dilakukan penarikan undian untuk menentukan nomor urut untuk masing-masing calon kepala desa,  sementara tahapan kompanye dilakukan secara terbuka akan berlangsung 6-8 Oktober 2017.  Pada tanggal 9 – 11 Oktober 2017 kita sudah memasuki masa tenang diharapkan tidak ada lagi kompanye dalam bentuk apapun” ungkapnya

Menurut Roslin,  kendala saat ini adalah keterbatasan dana dalam membiayai keperluan logistik Pilkades. Seperti surat panggilan untuk pemilih, kotak dan surat suara serta sejumlah perlengkapan logistik lainya.  Sementara Pagu dana yang dialoksikan dalam APB Desa sangat terbatas. Bantuan keuangan dari Kabupaten pun sampai saat ini masih menunggu penetapan perubahan APBD. Pada hal waktu pemungutan suara tinggal beberapa hari lagi.

Kepala Bagian Pemerintahan Desa (Pemdes) Setda Kabupaten Flores Timur melalui Kepala Sub Bagain Pemeintahan Desa, Mikael Mige di ruang kerjannya (5/10/2017) menjelaskan anggaran untuk 38 desa di Kabupaten Flores Timur yang menggelar pilkades serentak pada tanggal 12 Oktober 2017 sudah diusulkan. Proses asistensi bersam Tim Keuangan Pemerintah sudah dilalui. Tinggal Pembahasan anggaran bersama DPRD Kab. Flores Timur yang akan direncanakan Jumad 6 Oktober 2017. sesuai agenda,  penetapan Perda tentang Perubahan APBD Tahun anggggaran 2017 akan terjadi hari senin 9 Okober 2017. Diharapkan 38 desa tersebut bisa menerima dana pilkades sebelum tanggal pemungutan suara. Ditambahkan Mige kisaran dana untuk masing-masing desa bervariasi. Anatara 10 sampai dengan 20 juta. Tergantung rencana anggaran dan biaya (RAB) serta data pemilih Tetap yang telah diusulkan oleh masing-masing desa ke Bagian Pemdes beberpa waktu lalu. (din)

Facebook Comments

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password