Datang satu, pulang dua, tigapun boleh? Beto Tou, Balik Rua, Telo Di Bisa?

Datang satu, pulang dua tiga pun boleh, asal jangan satu apalagi semua tak ada yang pulang. Demikian sepenggal syair dari lagu revolusi Kesehatan Ibu Anak (KIA) yang didengungkan seorang tenaga medis diselah-selah pencanagan Pekan Keselamatan Ibu dan Anak di Desa Blepnawa Kecamatan Demon Pagong (4/5/2016). pencanagan Pekan Keselamatan Ibu dan Anak merupakan perwujudan program revolusi Kesehatan Ibu Anak (KIA) Dinas Kesehatan Provinsi NTT. Program ini merupakan program wajib yang dirancang dinas Kesehatan Kabupaten Flores Timur sejak Tahun 2010. Pekan Keselamatan Ibu dan anak pada tahun 2016 dicanangkan secara serempak pada 19 kecamatan di Kabupaten Flores Timur. program ini merupakan gerakan moral dan teknis dalam rangka mengajak seluruh pihak, baik di sarana pelayanan kesehatan pemerintah maupun swasta, masyarakat umum serta tokoh agama untuk peduli pada ibu hamil, terutama pada masa-masa kritis guna mencapai tujuan bersama yaitu ibu selamat bayi selamat.

Andris Sadipun, Kepala Puskesmas Demon Pagong dalam arahannya mengatakan pelaksanaan program ini merupakan gerakan moril untuk mengajak kepedulian tidak hanya keluarga ibu hamil namun semua pihak untuk peduli pada ibu hamil sebelum menghadapi saat-saat persalianan maupun sesudah masa persalianan. Karena dari Rahim seorang ibu lahir sebuah kehidupan baru. Karena itu tugas kita semua untuk menyelamatkannya. Lebih lanjut Andris menjelaskan selama 2 tahun terakhir di Kecamatan Demon Pagong tidak ada kematian baik itu Ibu maupun anak dalam proses persalinan. Kondisi ini perlu kita syukuri dan sekaligus kita pertahankan dengan tetap menjalin kerjasama dan kepedulian kita terhadap Ibu hamil di Kecamatan ini.

?Dengan pemasangan Bendera KIA di depan rumah Ibu hamil dan stiker di Pintu rumah menandakan bahwa dalam rumah atau keluarga itu ada seorang ibu hamil yang membutuhkan ketenangan. Maka kondisi lingkungan disekitarnya perlu kita jaga dengan tetap meningkatkan kepekaan dan kepedulian kita pada seorang ibu yang akan memberikan sebuah kehidupan baru.? Kata Andris

Ibu-ibu hamil disambut dengan suguhan dan tarian adat
Ibu-ibu hamil disambut dengan suguhan adat dan tarian adat Blepanawa

Dijelaskannya tahun-tahun sebelum program ini dijjalankan, angka kematian ibu dan anak cukup tinggi di flores timur. Hal itu terjadi karena terlambatnya keputusan di rumah, terlambat proses menuju sarana pelayanan dan terlambat pertolongan di sarana kesehatan. Yang dikenal dengan 3 terlambat. Namun setelah munculnya program ini dengan penerapan system 2h2 center yang kini menjadi 2H2 Center Plus, angka kematian ibu dan anak sudah menurun drastis. Program Gerakan 2H2 berupaya mendorong kewaspadaan terhadap ibu hamil dengan melakukan monitoring ketat melalui SMS pada masa rentan, yaitu 2 hari sebelum perkiraan persalinan dan 2 hari sesudah ibu bersalin.

Sementara itu Camat Demon Pagong Pit Wulanggening dalam kesempatan yang sama mengajak seluruh komponen masyarakat Demon Pagong baik itu pihak pemerintah desa, para tokoh agama, tokoh adat serta tokoh pemuda untuk sama-sama menaru rasa peduli pada ibu hamil. Masyarakat perluh menanamkan rasa empati dengan membrikan respon di hari-hari sebelum perkiraan kelahiran maupun sesudah kelahiran kepada ibu hamil. Karena proses persalianan adalah sebuah pertaruhan nyawa antara ibu dan anak. Kehadiran program ini tentuhnya sangatlah membantuk kita semua.
?Hampir semua kita memiliki Hand Phone (HP) manfaatkan ini dalam melakukan komunikasi dengan para medis dan pihak ?pihak terkait manakalah dibutuhkan penangan cepat dalam proses persalianan. Semoga momentum hari menyadarkan kita kembali akan penting sebuah kehidupan. Karena asal muasal kehiupan itu dari seorang ibu.?
Rangkaian acara Pelaksanaan pekan keselamatan ibu dan anak dilanjutkan dengan doa bersama di gua maria sebagai bentuk penyerahan diri dan perlindungan bagi ibu-ibu hamil dengan mendaraskan doa Rosario dan diakhir dengan resepsi sederhana dalam kebersamaan di Balai Desa Blepanawa. (Dino)

Facebook Comments

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password