Bupati Flotim Berharap Kasus Adonara Segera Berakhir

LARANTUKA,FBC– Bupati Flores Timur (Flotim), Yoseph Lagadoni Herin, berharap perang tanding antara warga desa Lewonara dan warga desa Lewobunga segera berakhir, agar masyarakat di dua desa itu bisa? kembali hidup aman seperti sebelumnya.
Dalam percapakannya dengan Flores Bangkit selama penerbangan dengan Trans Nusa Kupang ? Larantuka, Minggu (14/10), Yosni demikian sapaan akrab Bupati Flotim ini? mengatakan, saat ini sebagai bupati dia terus melakukan serangkaian upaya agar masalah ini segera berakhir. Karena, masalah itu terus membebaninya dalam melaksanakan tugas sebagai Bupati Flotim.

?Besok, Senin (15/10) kami rapat Muspida Flotim, kemudian Selasa (16/10) kami lanjutkan dengan pertemuan bersama Raja Larantuka, Raja Sagu, Raja Terong dan kepala Hamente Kiwangona untuk menyepakati rumusan penyelesaian masalah ini. Prinsip kita lebih cepat lebih baik demi masyarakat,? kata Yosni.

Yosni menuturkan, sudah bertemu dengan Raja Larantuka dan Raja Sagu untuk meminta pikiran mereka tentang upaya yang harus dilakukan untuk penyelesaian masalah ini. Sudah ada jalannya, karena itu dia juga harus bertemua Raja Terong dan Kepala Hamente Kiwangona untuk tujuan yang sama. Jadi pertemuan nanti akan merumuskan langkah konkrit yang harus dilaksanakan.

?Setelah pertemuan Muspida dan pertemuan dengan para Raja, kita akan merumuskan langkah konkrit apa yang mesti kita ambil. Saya tidak mau masalah ini berlarut-larut dan mengganggu kehidupan masyarakat setempat,? katanya.

Sebelumnya, Ketua DPRD Flotim, Marius Payong Pati yang dihubungi melalui telepon dari Kupang, Sabtu (13/10) mengatakan, seluruh anggota DPRD Flotim akan turun langsung ke Adonara dan bertemu masyarakat disana.

?Kita semua akan turun langsung ke Adonara, kita dekati mereka, bicara dari hati ke hati dan menangkap apa mau mereka paska perang tanding itu. Kita harus dapat info dari lapangan untuk bersama Pemda. Jadi kita turun penuh hati ini (Sabtu 13/10) dan akan kembali merumuskan dalam sidang di dewan, kemudian hasilnya akan kita berikan kepada Pemerintah setempat untuk menindaklanjuti,? kataya.

Khusus anggota dewan dari Daerah Pemilihan (Dapil) Adonara (Dapil 2 dan 3) mereka sudah diperintahkan lembaga dewan untuk lebih proaktif mencari dan menemukan akar masalahnya sehingga lebih mudah mencari solusinya,

?Kita di dapil Adonara harus terus turun ke daerah untuk menyerap aspirasi masyarakat. Kita juga bertemu dengan masyarakat di luar dua desa itu untuk meminta mereka tenang dan jangan terpancing isu-isu yang menyesatkan. Masalah ini akan diselesaikan dengan baik,? kata Marius. (Oni)

Facebook Comments

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password