Angelo Scola, Uskup Agung Milan yang baru?

Tanggal 10 Juni yang lalu, para kardinal dan uskup dari Kongregasi para Uskup berkumpul di Istana Apostolik Vatikan selama lebih dari tiga jam mendiskusikan tiga nama yang disebut sebagai penerus Kardinal Dionigi Tettamanzi sebagai Uskup Agung Milan yang baru.

Setelah melalui pemungutan suara secara rahasia, muncul calon utama: Patriark Venesia, Angelo Scola. Dua nama lainnya yang menjadi kandidat adalah: Monsignor Aldo Giordano, Wakil Tahta Suci bagi Dewan Konsili Eropa, dan Mgr. Francesco Lambiasi, Uskup dari Rimini.

Kardinal Marc Ouellet, Pemimpin Kongregasi para Uskup, telah bertemu dengan Bapa Suci tanggal 11 Juni, sebagai tahap akhir sebelum pengangkatan Uskup Agung Milan. Para kardinal dan uskup yang bekerjasama dengan Bapa Suci dalam mengkaji pemimpin-pemimpin Keuskupan Gereja Katolik, telah memeriksa pemilihan bagi tiga keuskupan di tambah satu pembantu uskup Inggris. Pada urutan ke-dua ditempati oleh Milan sebagai Keuskupan terpenting di seluruh Eropa dan mungkin juga di dunia.

Dalam pertemuan dengan Bapa Suci, Kardinal Ouellet telah menyerahkan semua berkas-berkas yang pada akhirnya menunjukkan nama Angelo Scola. Sumber di Vatikan mengatakan bahwa Bapa Suci memilih Patriak itu.

Paus Benediktus XVI telah mengenal Patriark Venesia selama bertahun-tahun. Dia adalah seorang pengikut Fr. Luigi Giussani dari Gerakan Katolik CL. Ratzinger dan Scola mengambil bagian dalam redaksi majalah teologi ?Communio?, yang lahir setelah Konsili Vatikan II untuk merangkum ajaran teologi konsili yang tidak dikenal dalam majalah teologi progresif ?Concilium?.

Uskup Agung Milan yang baru nanti akan berhadapan dengan masalah ketidakpuasan akan penggabungan paroki-paroki di unit pastoral baru, kontroversi atas pengajaran liturgia Ambrosiana yang baru, dan pemerintahan kota yang baru oleh Giuliano Pisapia dari Partai Komunis. Ia juga harus mempersiapkan kunjungan Paus, yang akan datang ke Milan tahun depan.

Pengumuman resmi dari Bapa Suci diharapkan pada akhir bulan Juni ini.

Milan, 16 Juni 2011
Oleh: Shirley Hadisandjaja Mandelli
Sumber: www.pondokrenungan.com

Facebook Comments

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password