Adonara

Jangankan sebuah pulau, bahkan kampung sekalipun memiliki latar belakang keberadaannya. Mengapa sampai ada kampung itu, sejak kapan ada, siapa yang memberi nama, dan mengapa tempat itu dipilih menjadi pemukiman, siapa pemilik awal dari sepetak tanah yang belakangan dijadikan perkampungan, dan seterusnya.

Lantas bagaimana dengan Pulau Adonara? Begitu banyak pertanyaan yang terlontar. Sejak kapan ada manusia yang menghuni Adonara, siapa yang pertama menghuni pulau yang menyimpan sejuta misteri itu. Dan lagi, dari mana penduduk pulau itu berasal, apakah mereka datang dari tempat lain? Jika dari tempat lain, darimana dan sejak kapan mereka datang ke pulau itu.

Jika memang penghuni Adonara ada dengan sendirinya, kapan hal itu terjadi dan siapa gerangan yang pertama ada di Pulau Adonara?
Pertanyaan demi pertanyaan yang mengarah pada pengungkapan identitas Adonara, akhir-akhir ini makin marak. Karena bagaimana pun juga, para penerus tanah berdarah dari dunia merah ini, ingin mengetahui kebenaran yang tersimpan pada segumpal tanah yang menakjubkan ini.

Sebagai penerus di tanah ini, orang Adonara sudah tentu akan tergerak dengan sendirinya untuk tahu kesejatiannya dengan cara apapun juga atau dipaksa untuk tahu. Karena pada masa yang sudah ditentukan sejak awal mula, segala yang tersembunyi akan terkuak juga. Yang menghebohkan dari tanah ini, orang-orang yang ada di dalamnya sendiri bahkan tak tahu, apa arti harafiah dari Adonara. Artinya rahasia itu tersembunyi sedemikian rapatnya.

Pertanyaannya, mengapa pemberi nama tanah ini sedemikian merahasiakan identitas Adonara? Dan mengapa hal itu dilakukan? Apakah penerus asal tanah ini tak diberitahu arti harafiah dari tanah ini? Mengapa? Kalau pun ada yang tahu, sejauh ini hanya analisa berdasarkan nama yang ada, kemudian dikaitkan untuk memastikan suatu keyakinan bahwa kira-kira, sekali lagi kira-kira Adonara itu berarti begini atau begitu. Tapi yang pasti itu yang mana? Tapi pertanyaan yang muncul kemudian, apakah benar nama Adonara secara harafiah itu sebagaimana banyaknya analisa yang berkembang selama ini? Jika tidak, lantas apa artinya Adonara? Kemudian, jika kita sudah tahu apa artinya Adonara, lantas siapa yang memberi nama? Misalnya Christoforus Colombus yang memberi nama Suku Indian kepada penduduk asli Amerika, dan lain-lain. Bahkan pemberian nama Indian itu pun belakangan diketahui sebagai suatu perkiraan yang salah. Karena Colombus mengira sudah tiba di India ketika mendarat di Amerika.

Terlepas dari negeri yang nun jauh di sana, bagaimana dengan Adonara? Kita mulai dari yang paling sederhana, apa arti harafiah nama itu. Seumpama makan: Harafiahnya: Memasukan makanan ke dalam mulut, mengunyah lantas menelan. Apa artinya Adonara? Sejak kapan tanah ini punya nama Adonara? Dan pertanyaan selanjutnya yang menyusul?.Marilah kita menggali, karena lewo to u de i ne, selalu no o koda kirin naen. Tak sekadar berdiri begitu saja. Marilah mencari bersama?Terima kasih?..

Hipa Lali Duli, Hide Teti Lewo, Koda Dike Kirin Sare, Taan Bura Gere Lewun Tanah.

Oleh: Bernadus Gana

Facebook Comments

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password